Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tensi Darah Tinggi Saat Kehamilan, Berapa Lama Menyembuhkannya?

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com bernama Mulia Seri Yeni, 36 tahun, dari Perak menanyakan mengenai kondisi hipertensi atau tensi darah tinggi yang dialaminya saat kehamilan. Berikut pertanyaannya:

"Pagi Dokter, tahun kemarin saya hamil tensi saya normal. Tapi pada waktu hamil 6 bulan, tensi saya tinggi, 160/115. Sampai saya lahiran pada bulan Oktober kemarin, tensi mencapai 200/150 dan bayinya tidak selamat.

Apakah ini bawaan hamil? Jika ya, butuh waktu berapa lama untuk sembuh, Dok? Sampai sekarang saya masih minum obat tensi, sudah mulai 154/99, terkadang 135/89. Terima kasih, Dokter. Mohon jawabannya."

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Bramundito, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Halo Ibu Mulia, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Turut berduka yang mendalam atas peristiwa yang Ibu alami.

Setelah membaca cerita Ibu, kondisi yang Ibu alami adalah preeklamsia. Biasanya preeklamsia ditandai dengan munculnya hipertensi, kadar protein dalam urin meningkat, dan sering disertai dengan bengkak pada tungkai. Penyebab preeklamsia hingga saat ini tidak diketahui, tetapi berkaitan dengan proses kehamilan itu sendiri.

Apabila hal ini terjadi, maka harus ditangani secara khusus, dan pengobatan utamanya adalah melakukan terminasi kehamilan (melahirkan bayinya).

Mungkin Ibu memang ada hipertensi dan kemungkinan besar ada riwayat hipertensi pada keluarga. Hipertensi sendiri harus diobati secara teratur oleh dokter. Biasanya Ibu harus minum obat anti hipertensi secara berkala.

Untuk kehamilan berikutnya, ada kemungkinan Ibu dapat mengalami preeklamsia kembali. Kontrol lebih ketat dan ceritakan yang Ibu alami dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Ibu. Jangan lupa bawalah hasil-hasil laboratorium yang lama agar dokter dapat menganalisisnya dengan tepat.

Semoga jika semuanya terkontrol, Ibu dapat kembali hamil hingga melahirkan anak yang sehat. Ibu juga tentunya tetap sehat.

dr. Bramundito, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

RS Pondok Indah – Pondok Indah

Punya pertanyaan terkait kesehatan yang membuat Anda penasaran? Ajukan pertanyaan Anda dengan mengisi formulir di laman ini. Pertanyaan yang terpilih akan dijawab oleh dokter atau ahli terkait.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/03/05/130000723/tensi-darah-tinggi-saat-kehamilan-berapa-lama-menyembuhkannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke