Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tergolong Ringan, Ini Gejala KIPI Vaksin Booster yang Banyak Dilaporkan

Berdasarkan data resmi hingga 17 Januari 2022, sebanyak 1.341.248 orang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster.

Sejauh ini, terdapat enam jenis booster yang telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yaitu Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, Janssen, Moderna, Zifivax, dan Sinopharm.

Adapun enam vaksin mempunyai efek samping masing-masing, dan setiap penerimanya terkadang merasakan gejala tertentu setelah divaksinasi atau biasa disebut kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Bagaimana dengan perkembangan KIPI vaksin booster di Indonesia?

Ketua Komnas KIPI Hinky Hindra Irawan Satari mengatakan, telah ada laporan masuk mengenai KIPI vaksin booster yang terlaksana di Tanah Air.

Ia menjelaskan, gejala yang dilaporkan terkait dengan vaksin booster tidak jauh berbeda dengan vaksinasi dasar.

Menurut dia, sejauh ini efek samping yang tercatat dari suntikan booster tergolong ringan dan mereda dalam waktu yang singkat.

“Laporan sudah masuk (terkait KIPI vaksin booster). Gejala tidak berbeda dengan vaksinasi dasar, proporsi KIPInya rendah, gejala ringan dan singkat. Sembuh dengan atau tanpa pengobatan,” ujar Hinky saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/1/2022).


Apa saja gejala yang dilaporkan?

Hinky menambahkan, beberapa gejala ringan yang dilaporkan dari KIPI vaksin booster, meliputi:

Sementara itu, apabila seseorang mengalami KIPI bergejala ringan, dapat mengonsumsi parasetamol sebagai alternatif dengan dosis menyesuaikan usia.

Namun, jika gejala yang ditimbulkan setelah mendapatkan vaksin booster atau vaksinasi dosis lanjutan tidak segera mereda bahkan semakin memburuk, maka dapat segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.

Sebagai informasi, vaksin booster akan diberikan secara cuma-cuma untuk seluruh masyarakat Indonesia yang memenuhi kriteria, seperti berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan dosis lengkap vaksin setidaknya selama 6 bulan.

Adapun pengecekan tiket dan jadwal vaksinasi lanjutan dapat dilakukan melalui laman resmi pedulilindungi.id atau aplikasi PeduliLindungi, dengan login menggunakan akun yang telah dimiliki.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/18/183000623/tergolong-ringan-ini-gejala-kipi-vaksin-booster-yang-banyak-dilaporkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke