Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Penyebaran Varian Omicron Menurut Pakar

KOMPAS.com - Mutasi varian baru virus corona yang disebut varian B.1.1.529 atau Omicron banyak dikhawatirkan oleh seluruh masyarakat dunia.

Varian ini disebut memiliki mutasi yang lebih cepat dibandingkan varian virus SARS-CoV-2 lainnya.

Para peneliti pun tengah melakukan riset mendalam untuk memahami lebih jauh terkait varian Omicron.

Agar membantu kita terlindung dari paparan varian baru virus corona, pakar penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari infeksi virus corona penyebab Covid-19.

1. Mempelajari varian baru virus secara mendalam

Fauci menyebut, saat ini tidak ada cukup informasi yang tersedia untuk menghadapi kemungkinan terburuk akibat varian Omricon. Artinya, penelitian yang lebih mendalam sangat diperlukan.

Menurutnya, ada beberapa aspek yang mengkhawatirkan tentang virus yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan itu.

Misalnya, seberapa menular dan seberapa besar tingkat penyebaran hingga penularan varian Omicron.

Dia juga mempertanyakan apakah varian Omicron kebal terhadap antibodi monoklonal atau plasma konvalesen, maupun vaksin yang saat ini digunakan.

"Jika Anda melihat profil dari mutasi (virus), pertanyaannya adalah dampak seperti apa dan seberapa besar dampaknya terhadap perlindungan dari vaksinasi," ungkap Fauci seperti dilansir dari Eat This, Rabu (1/12/2021).

2. Memahami dampak varian Omicron

"Memahami (varian Omicron) akan memakan sedikit waktu. Kemungkinan kita akan mendapatkan beberapa informasi dalam satu atau dua minggu ke depan, dan kemudian informasi selanjutnya sedikit lebih lama," lanjutnya.

Dokter Fauci meyakini, bahwa memahami bagaimana varian Omicron secara ilmiah akan sangat membantu dalam menanggulangi dampak jangka panjang yang kemungkinan bisa terjadi.

"Varian Omicron bisa sangat menular, tetapi tidak parah atau bisa juga kombinasi keduanya. Jadi benar-benar penting untuk mendapatkan informasi ilmiah. Tidak mengambil kesimpulan apa pun dan tetap mengikuti sains," tegasnya.

3. Melakukan pengawasan yang ketat

Kepala penasihat medis Presiden Amerika Serikat itu pun memaparkan, bahwa varian Omicron mungkin sudah ada di AS.

Untuk mencegah merebaknya virus, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah melakukan pengawasan ketat di seluruh negeri.

"Mengingat sistem pengawasan yang dilakukan CDC sekarang, kita harus melakukan (pengawasan) itu. Kita tidak tahu kapan (virus) datang ke sini (AS), atau mungkin sebelumnya sudah ada di sini," jelas Dr Fauci.

Dia menegaskan, jika nantinya sudah diidentifikasi secara pasti bahwa penyebaran virus ada di Amerika, maka CDC akan mengumumkan infromasi tersebut.

Begitu juga dengan seluruh negara lain, penting untuk melakukan hal yang sama, melakukan pengawasan ketat untuk mencegah penyebaran varain Omicron.

4. Menggencarkan program vaksinasi Covid-19

Fauci menilai, vaksinasi Covid-19 lengkap telah terbukti melindungi tubuh dari paparan varian virus sebelumnya.

Kendati belum ada penelitian yang signifikan mengenai efektivitas vaksin melawan varian Omicron, antibodi yang dihasilkan dari vaksin mampu melindungi kita dari varian Delta.

"Meskipun (efektivitas) vaksin mungkin kurang berpengaruh terhadap virus baru ini, Anda masih akan mendapatkan perlindungan, terutama dari penyakit yang parah," papar Fauci.

"Kami tidak tahu seberapa (besar) tingkat perlindungan itu. Akan tetapi setidaknya kita akan mendapatkan perlindungan," tambahnya.

Sementara, diakui Fauci masih belum jelas apakah vaksin memberikan perlindungan yang cukup terhadap Omicron.

Pemberian vaksin booster atau vaksin tambahan kemungkinan memproteksi kita dengan baik, dan bisa mengurangi risiko tingkat keparahan Covid.

5. Terapkan protokol kesehatan

Semua ahli kesehatan dunia, termasuk Fauci selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski telah divaksinasi.

Dia pun menyerukan bagi mereka yang belum divaksin, untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan setempat dan melakukan vaksinasi sesegera mungkin.

"Ketika Anda melakukan perjalanan berhati-hatilah, misalnya saat Anda berada di pesawat, Anda harus memakai masker," pungkasnya.

Sementara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah merekomendasikan beberapa cara mencegah Covid-19 varian Omicron, antara lain:

https://www.kompas.com/sains/read/2021/12/03/173000523/5-hal-yang-harus-dilakukan-untuk-menghindari-penyebaran-varian-omicron

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke