Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Parasetamol: Kegunaan dan Efek Samping

KOMPAS.com – Parasetamol (acetaminophen) adalah obat untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Ada banyak merek parasetamol yang tersedia di toko obat sehingga penting untuk membaca dengan cermat mengenai dosisnya karena mungkin berbeda antar produk.

Sama seperti obat-obatan lainnya, parasetamol tidak boleh dikonsumsi lebih dari dosis yang direkomendasikan.

Kegunaan parasetamol

Dilansir dari Drugs.com, kegunaan parasetamol adalah untuk mengobati berbagai kondisi, seperti sakit kepala, nyeri otot, radang sendi, sakit punggung, sakit gigi, dan demam.

Parasetamol dapat meredakan rasa sakit pada radang sendi, namun obat ini tidak berpengaruh terhadap peradangan dan pembengkakan sendi yang mendasarinya.

Efek samping parasetamol

Dilansir dari WebMD, banyak orang yang mengonsumsi parasetamol dan tidak mengalami efek samping yang serius.

Reaksi efek samping yang serius terhadap parasetamol jarang terjadi, namun jika mengalami gejala reaksi alergi yang serius, seperti ruam, gatal, bengkak di wajah, lidah, atau tenggorokan, pusing yang parah, dan sulit bernapas, segera dapatkan bantuan medis.

Gejala-gejala tersebut bukanlah daftar lengkap kemungkinan efek samping parasetamol. Jika mengalami gejala lain yang tidak disebutkan, hubungi dokter untuk pemeriksaan.

Peringatan sebelum konsumsi parasetamol

Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi parasetamol untuk mengatasi batuk, pilek, nyeri, dan lain-lain.

Parasetamol terkandung dalam banyak obat. Jika mengonsumsi beberapa obat tertentu dalam waktu bersamaan, mungkin secara tidak sengaja mengonsumsi terlalu banyak parasetamol.

Baca label obat terlebih dahulu untuk melihat apakah obat tersebut mengandung parasetamol.

Saat mengonsumsi parasetamol, jangan mengonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan hati saat mengonsumsi parasetamol.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/16/123200123/parasetamol--kegunaan-dan-efek-samping

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke