Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[VIDEO] Rayakan Olimpiade, Astronot di ISS Bikin Kontes Kecil-kecilan

KOMPAS.com - Kemeriahan Olimpiade Tokyo telah berakhir dan ditutup dengan upacara pemadaman api di kaldron Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, pada Minggu (8/8/2021).

Bukan hanya manusia yang ada di Bumi saja yang merayakan ajang olahraga dunia ini. Para astronot yang ada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) juga membuat permainan kecil untuk berpartisipasi dalam kememeriahannya.

Dilansir dari The Verge, Minggu (8/8/2021), astronot Perancis Thomas Pesquet dari European Space Agency (ESA) memposting empat video ke Twitter yang menunjukkan beberapa astronot ISS tampil.

Para astronot memamerkan serunya bermain di gravitasi nol atau zero gravity sambil melayang-layang.

Mereka bahkan mengibarkan bendera kecil dari semua negara di atas area pertunjukan mereka.

Video-videonya cukup menggemaskan dan silakan tonton dengan suara menyala agar bisa merasakan keseruan para astronot ini.

Apa saja permainan para astronot di ISS?

1. Bukan senam lantai, tapi senam di gravitasi nol

Mari kita mulai dengan senam. Kalau di Bumi kita mengenalnya dengan senam lantai, ini mungkin bisa disebut senam gravitasi nol.

Para astronot seperti melakukan gerakan lompat harimau atau tiger sprong. Tentunya, mereka melakukannya sambil melayang. Mengingat ISS cukup sempit, para astronot harus bergiliran untuk melakukan senam ini.

Selanjutnya adalah no-handball alias hoki lapangan luar angkasa, yang tampaknya jauh, jauh lebih sulit dalam gravitasi nol.

Para astronot nampaknya menyesuaikan dan memodifikasi aturan saat mereka melakukan permainan ini.

Dalam keadaan nol gravitasi yang melayang, empat astronot seakan menjadi tim yang kompak dalam ajang synchronized swimming alias renang indah.

Meski tak ada air dan tak benar-benar berenang, mereka melakukannya seakan itu nyata. Ini salah satu tayangan yang paling menghibur.

Dengan menggunakan peralatan sederhana seperti bandana yang lentur, astronot melakukan tembakan tanpa bobot.

Bandana itu ditarik agar bisa mengenai target hitam yang sudah dipasang.

Upacara penutupan

Tak mau kalah dengan olimpiade di Bumi, para astronot pun melakukan upacara penutupan di hari Minggu (8/8/2021), bertepatan dengan ditutupnya Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam acara penutupan itu, Aki Hoshide dari JAXA (badan antariksa Jepang) menyerahkan kertas Olimpiade kepada Thomas Pesquet, astronot ESA yang berasal dari Perancis.

Ini upacara simbolis yang sangat pas karena Olimpiade 2024 akan diadakan di Paris.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/10/130000023/video-rayakan-olimpiade-astronot-di-iss-bikin-kontes-kecil-kecilan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke