Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peneliti Identifikasi 200 Gejala Long Covid, Salah Satunya Penurunan Ukuran Penis

Pasien positif Covid-19 tanpa gejala dinyatakan sembuh setelah 10 hari setelah terkonfirmasi positif.

Jika gejala ringan hingga sedang, 10 hari setelah timbul gejala ditambah 3 hari setelah bebas gejala. Sementara untuk gejala berat, sampai dinyatakan sembuh oleh dokter yang merawat dengan hasil tes PCR negatif.

Namun, pada sebagian orang, infeksi Covid-19 dapat menimbulkan sindrom pasca Covid-19 atau long Covid.

Sama seperti positif Covid-19, gejala long Covid pada setiap orang juga berbeda-beda.

Menurut peneliti, ada sekitar 200 gejala yang bisa muncul saat mengalami long Covid, seperti halusinasi hingga penurunan ukuran penis atau testis yang telah diidentifikasi sebagai gejala panjang atau long Covid.

Melansir The Independent, sebuah studi baru oleh tim peneliti di University College London (UCL), yang mana semua penelitinya pernah mengalami positif Covid-19 dan long covid, menunjukkan bahwa long covid dapat menyebabkan lebih banyak gejala, daripada yang diperkirakan sebelumnya.

“Seluruh tim peneliti adalah pasien long Covid. Itulah yang membuat kami unik dan memungkinkan kami mengidentifikasi gejala yang kurang diketahui publik, yang dialami pasien long Covid,” kata Hannah Davis, penulis utama penelitian ini.

“Kebanyakan orang tidak menyadari seberapa panjang gejala Covid-19 yang multi-sistemik, dan bagaimana sebagian besar pasien mengalami lusinan gejala di berbagai sistem organ,” jelasnya.

Davis, yang mengalami disfungsi kognitif yang buruk, kehilangan memori, dan takikardia postural (denyut jantung super tinggi setelah berdiri) akibat long Covid, mengatakan saat ini tidak ada biomarker (molekul yang mengkonfirmasi keberadaan virus atau penyakit tertentu) untuk long Covid.

Meski demikian ia menekankan, bahwa long Covid sebenarnya dapat dikenali, mengingat banyaknya gejala baru yang dialami pasien, multi-sistemik dari gejala-gejala ini, dan gejala yang dapat dikenali, seperti malaise (rasa dan tidak enak badan) setelah beraktivitas – yang mana ini tidak umum pada penyakit lain.

Studi dari UCL ini, menggunakan data dari 3.762 orang dari 56 negara dan mengidentifikasi 203 gejala long Covid di 10 sistem organ.

Gejala long Covid

Ditemukan gejala yang paling umum pada long Covid adalah kelelahan, malaise pasca, dan disfungsi kognitif (kabut otak).

Dalam penelitian ini, tidak diperkirakan berapa lama long Covid bertahan secara keseluruhan.

Tapi, studi React-2 Imperial College London yang diterbitkan pada bulan Juni lalu menunjukkan, lebih dari dua juta orang di Inggris mungkin telah lama mengidap long Covid, dengan sekitar sepertiga orang yang memiliki gejala melaporkan virus corona bertahan lama setidaknya hingga 12 minggu.

Gejala persisten yang paling umum ditandai dalam penelitian itu termasuk kelelahan, sesak napas, nyeri otot, dan kesulitan tidur.

Berikut ini adalah beberapa gejala long Covid yang diidentifikasi dalam studi baru University College London:

1. Kardiovaskular

Pembekuan darah, pingsan, tekanan darah tinggi atau rendah, vena menonjol atau meradang, detak jantung cepat.

2. Kulit

Gatal, kuku rapuh atau berubah warna, ruam, kulit mengelupas.

3. gastrointestinal

Sembelit, diare, sakit perut, cepat kenyang, nafsu makan hilang, mual, muntah.

4. Kepala & tenggorokan

Kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, mata merah, sakit telinga dan mata, gangguan pendengaran, konjungtivitis, pilek, sakit tenggorokan, kehilangan penglihatan.

5. Sistem kekebalan

Muncul alergi baru, herpes zoster, perubahan kepekaan terhadap obat.

6. Sistem muskuloskeletal

Nyeri sendi dan nyeri otot, dialami oleh 69,1% responden.

7. paru-paru

Kesulitan bernapas, sesak napas, batuk.

8. Reproduksi

Menstruasi yang sangat berat atau tidak teratur, penurunan ukuran penis atau testis, menopause dini, perdarahan pascamenopause.

9. Suasana hati & emosi

Agresi, kemarahan, kecemasan, apatis, delusi, depresi, euforia, lekas marah, rasa bahaya, air mata.


10. Disfungsi kognitif

Kebingungan/disorientasi, kesulitan memecahkan masalah, sulit fokus, kesulitan berpikir.

11. Halusinasi

Visual, pendengaran, taktil dan halusinasi lainnya.

12. Sistemik

Kelelahan yang diderita oleh 98,3% penderita long Covid, menggigil, berkeringat, demam, malaise pasca aktivitas, gula darah tinggi atau rendah.

13. Sakit kepala

Sakit kepala diderita oleh 76,7% dari mereka yang disurvei, dan berkisar dari migrain hingga nyeri di pelipis, pangkal tengkorak, di belakang mata atau di seluruh kepala.

14. Masalah memori

Masalah memori jangka panjang dan pendek, termasuk lupa bagaimana melakukan tugas rutin. Sementara kehilangan ingatan jangka pendek dialami oleh 64,8% responden.

15. Sensorimotor

Ketidakmampuan untuk menangis atau menguap, pusing, neuralgia, mati rasa, kejang, tinitus, sensasi tekanan atau kehangatan otak, kepekaan terhadap kebisingan, kesemutan, tremor.

16. Tidur

Insomnia, sleep apnea, mimpi tampak nyata, mimpi buruk, sindrom kaki gelisah (dorongan tak tertahankan untuk menggerakan kaki), bangun lebih awal atau pada malam hari, bangun tidak dapat bernapas.

Secara keseluruhan, 78,6% penderita long Covid memiliki masalah tidur.

17. Bahasa dan ucapan

Kesulitan memahami orang lain, kesulitan membaca dan menulis, kata-kata tidak jelas, mengucapkan kata-kata yang tidak dapat dikenali.

18. Bau dan rasa

Kehilangan atau peningkatan bau dan rasa.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/16/210425223/peneliti-identifikasi-200-gejala-long-covid-salah-satunya-penurunan-ukuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke