Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelelawar Vampir Betina Suka Berbagi Makanan dan Saling Merawat

KOMPAS.com - Peneliti menemukan fakta unik dari perilaku kelelawar vampir betina dalam kelompoknya. Spesies ini suka berbagi makanan, bahkan saling merawat tanpa memandang status sosial.

Tidak seperti hierarki dominasi wanita yang tegas dan jelas, yang tampak pada kebanyakan hewan sosial lainnya.

Kehidupan sosial kelelawar vampir (Desmodus rotundus) betina, justru cenderung egaliter, menunjukkan bahwa individu melakukannya baik ketiga teman satu kelompoknya baik-baik saja.

Hal itu diungkapkan Gerald Carter, peneliti dari The Ohio State University, Amerika Serikat, seperti dilansir dari New Scientist, Sabtu (10/7/2021).

"Kelelawar vampir, menunjukkan timbal balik perawatan dan pembagian makanan, tidak sepihak seperti yang mungkin Anda lihat pada beberapa primata," kata Carter.

"Mereka (kelelawar vampir betina) saling merawat satu sama lain pada waktu yang sama, untuk jumlah waktu yang sama persis," imbuhnya.

Carter telah mempelajari bagaimana kelelawar vampir betina saling bekerja sama. Di antaranya seperti melalui perawatan sosial dan terutama berbagi makanan dengan memuntahkannya.

Namun ketika melihat primata berinteraksi, ia menyadari betapa berbedanya perilaku sosial yang muncul di antara spesies kelelawar vampir betina.

"Saya berpikir, kelelawar vampir hampir tidak terus-menerus mengganggu dan mendominasi individu lain tanpa alasan yang jelas seperti yang dilakukan primata," ungkap Carter.

Untuk melihat dan memastikan bagaimana perilaku sosial di antara kelelawar vampir betina ini, Carter dan rekan-rekannya memutuskan untuk mengamati 24 kelelawar vampir betina dewasa yang ditangkap di alam liar dan keturunannya.

Semua kelelawar ditemaptkan dalam kandang besar, di mana mereka bisa terbang di sekitar Smithsonian Tropical Research Institute di Gamboa, Panama.

Tim kemudian meninggalkan tetesan darah di lantai semalaman selama 70 malam dan menggunakan video inframerah untuk merekam lebih dari 1000 interaksi antara kelelawar vampir betina.

Pada kesempatan langka, kelelawar akan memperebutkan makanan dengan saling memukul dengan ibu jari mereka, kata Carter.

Namun, biasanya kelelawar hanya akan mendorong satu sama lain, atau secara sukarela menjauh.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kelelawar memiliki apa yang mereka sebut hierarki "lemah dan dangkal".

Mereka juga melihat hierarki sosial di 82 spesies lain, termasuk mamalia, serangga, dan burung, dan menemukan bahwa hierarki kelelawar vampir sangat lemah, sehingga kurang terdefinisi dengan jelas dibandingkan 90 persen spesies lain.

Selain itu, tidak seperti spesies lain, kelelawar betina tidak menggunakan perawatan sebagai alat untuk menenangkan individu dari peringkat sosial yang lebih tinggi, melainkan mereka merawat dan berbagi makanan secara merata.

Carter mengakui timnya mungkin telah melewatkan tanda-tanda organisasi sosial yang lebih kuat dalam "langkah pertama" dari proyek penelitian yang sedang berlangsung ini.

Misalnya, kelelawar dapat menggunakan suara di luar jangkauan pendengaran manusia untuk menunjukkan dominasi.

Kendati demikian, masuk akal bahwa karena kelelawar betina berbagi makanan, mereka mungkin tertarik pada kesejahteraan teman satu kelompoknya, terutama sebagai calon pendonor makanan.

"Kelelawar ini tidak bertindak karena pelecehan atau intimidasi atau semacam kekuatan. Mereka secara sukarela (merawat dan) memberikan makanan kepada kelelawar vampir betina lain, pada dasarnya menyelamatkan hidupnya," jelas Carter.

Studi perilaku sosial yang unik dari kelelawar vampir betina ini telah dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/10/110300623/kelelawar-vampir-betina-suka-berbagi-makanan-dan-saling-merawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke