Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Nutrisi Hidroponik Terbaik untuk Memaksimalkan Mutu Tanaman Anda

KOMPAS.com - Hidroponik adalah salah satu teknik penanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Sebagai ganti dari media tanamnya, teknik hidroponik menggunakan air.

Teknik hidroponik sedang banyak diminati karena kemudahannya serta tidak membutuhkan lahan yang besar. Teknik hidroponik menjadi solusi bagi yang ingin menanam di perkotaan atau hanya memiliki lahan yang sempit.

Banyak sekali manfaat yang mampu ditawarkan teknik hidroponik ini. Tanaman hidroponik memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada sayuran yang ditanam dengan teknik konvensional. Selain itu, tanaman hidroponik jarang sekali gagal karena semua faktor pertumbuhan bisa dikontrol dan lebih bersih.

Manfaat lainnnya adalah menanam dan memanen dengan teknik hidroponik tidak bergantung pada musim tertentu dan bisa dilakukan sepanjang tahun.

Namun, masalah muncul karena tanaman hidroponik tidak seperti menanam di tanah yang akan langsung mendapatkan nutrisi alami dari tanah. Maka dari itu, perlu penambahan nutrisi hidroponik agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Berikut pembahasan mengenai macam-macam nutrisi hidroponik.

Nutrisi AB mix

Nutrisi AB mix adalah nutrisi yang paling banyak digunakan dalam dunia hidroponik. Nutrisi AB mix baik untuk jenis tanaman berdaun atau sayur-sayuran. Nutrisi AB mix mengandung unsur makro hara dan unsur mikro hara yang diracik dalam sediaan terpisah.

Unsur makro hara yang terkadung antara lain nitrogen, fosfor, kalium, dan magnesium. Sedangkan beberapa contoh unsur mikro hara antara lain besi, tembaga, dan khlor.

Jenis nutrisi AB mix yang dijual di pasaran ada dua macam, nutrisi berbentuk cairan dan butiran. Anda bisa memilih manapun yang menjadi preferensi Anda.

Cara menggunakannya adalah kedua nutrisi A dan nutrisi B harus dilarutkan ke dalam sebotol air. Lalu, penggunaan nutrisi AB mix ini adalah dengan mencampurkan nutrisi dengan perbandingan 1:3:3. Maksudnya adalah dalam 1 liter air, campurkan 3 mililiter nutrisi A, dan 3 mililiter nutrisi B.

Nutrisi pupuk NPK dan Gandasil

Nutrisi pupuk yang berasal dari percampuran antara pupuk NPK, KCl, dan Gandasil sering juga digunakan sebagai nutrisi hidroponik. Dalam campuran tersebut, terdapat kandungan unsur makro hara dan unsur mikro hara.

Nutrisi satu ini menjadi pilihan karena bisa dibuat sendiri dan mudah. Kandungan nutrisi di dalamnya juga dianggap mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik.

Namun, pupuk racikan ini harus diberikan dalam konsentrasi yang tepat. Selain itu, pupuk ini mudah mengendap sehingga harus diaduk setiap hari.

Pupuk organik cair

Pupuk organic cair atau POC adalah pilihan pupuk yang bisa dibuat sendiri dari rumah. Anda bisa membuat pupuk cair organik dengan bonggol pisang, sayuran, urin ternak, dan bahan organic lainnya.

Itu tadi nutrisi hidroponik yang akan menyuburkan tanaman Anda. Selamat meracik dan memberikan nutrisi hidroponik kepada tanaman Anda.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/29/080100223/3-nutrisi-hidroponik-terbaik-untuk-memaksimalkan-mutu-tanaman-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke