Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Permukaan Benda?

KOMPAS.com- Penyebaran virus corona di Indonesia semakin meningkat. Penyebaran virus penyebab Covid-19, terjadi baik secara langsung seperti kontak fisik dengan individu yang terinfeksi, maupun melalui droplet yang mengenai suatu benda lalu kita sentuh.

Jika droplet yang kita sentuh dari permukaan benda tersebut mengenai mata, hidung atau mulut, maka virus akan menempel pada permukaan saluran pernafasan.

Saat menginfeksi tubuh manusia, virus akan masuk dalam tubuh melalui interaksi protein spike yang berinteraksi dengan reseptor ACE2 yang ada di saluran pernafasan.

"Begitu virus corona masuk, maka akan segera membajak sel dan akan memperbanyak diri sebanyak-banyaknya, disitulah kita bisa terinfeksi. Itulah bahaya dari permukaan benda yang terkontaminasi virus lalu kita sentuh," ungkap Dr. Ratih Asmananingrum, Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI pada webinar, Selasa (16/2/2021).

Lantas berapa lama virus corona bertahan di permukaan benda?

Dalam webinar bertajuk Pengelolaan Limbah Masker di Masa Pandemi Covid-19: Jangan Buang Maskermu, disampaikan bahwa penting untuk memperhatikan berapa lama virus bisa bertahan pada permukaan benda, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 lebih luas.

Lebih lanjut Dr Ratih menuturkan bahwa terdapat berbagai riset mengenai bagaimana menentukan ketahanan virus corona pada masing-masing permukaan benda.

Ketahanan virus corona pada setiap permukaan benda berbeda-beda. Berikut daftar ketahanan virus pada masing-masing benda.

  1. Kardus: 24 jam
  2. Tisu: 3 jam
  3. Kain: 24 jam
  4. Kayu: 24 jam
  5. Gelas: 3 hari
  6. Uang kertas: 3 hari
  7. Stainless steel: 6 hari
  8. Plastik: 6 hari
  9. Masker bedah bagian dalam: 7 hari
  10. Masker bedah bagian luar: lebih dari 7 hari

Kemudian, untuk ketahanan Alat Pelindung Diri (APD) ditemukan bahwa ketahanan virus pada permukaannya lebih lama. Berikut daftar ketahanan virus pada APD:

  1. Plastik: 12 hari
  2. Stainless steel: 14 hari
  3. Sarung tangan karet: 4 hari
  4. Sarung tangan nitrile: 6 hari
  5. Kain katun: 1 hari
  6. Masker N95: 21 hari

Untuk cara inaktivasi virus, lebih lanjut Dr. Ratih menuturkan bisa dilakukan disinfektasi pada permukaan-permukaan benda tersebut.

Suatu riset mengungkapkan bahwa semua disinfektan bekerja dengan baik bahkan pada disinfektan sederhana seperti pemutih rumah tangga bisa mematikan virus corona. 

"Yang paling utama adalah disinfeksi harus dilakukan sedini mungkin untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 lebih luas," pungkasnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/17/160200823/berapa-lama-virus-corona-bertahan-di-permukaan-benda-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke