Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banjir di Semarang, FOD BMKG Ingatkan Masih Berpotensi 3 Hari ke Depan

KOMPAS.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat Kota Semarang masih terus waspada terhadap potensi terjadinya hujan deras yang bisa menyebabkan banjir bandang dalam 3 hari ke depan.

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur Kota Semarang sejak Jumat (5/2/2021) malam mengakibatkan banjir di daerah Jalan Raya Pantura, Mangkang hingga Sabtu siang (6/2/2021).

Saat dihubungi Kompas.com, forecase on duty (Fod) prediksi BMKG mengungkapkan bahwa berdasarkan catatan yang ada, memang kejadian banjir di Kota Semarang tersebut terjadi karena dipicu beberapa kondisi atmosfer yang menyebabkan hujan intensitas tinggi atau deras itu terjadi.

Pertama, berdasarkan prakiraan musim dari klimatologi pada bulan Februari 2021 berada pada periode puncak musim hujan untuk wilayah Pulau Jawa dengan aktifnya Monsun Asia.

Faktor penyebab yang kedua adalah adanya kondisi La Nina dengan level yang masih moderate di Pasifik equator yang dapat mempengaruhi peningkatan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya yang memicu terjadinya hujan lebat.

Fod Prediksi BMKG juga menyebutkan bahwa kondisi tersebut juga didukung dengan masa udara yang labil serta kelembaban udara yang cukup tinggi.

Kelembaban udara yang cukup tinggi itu terjadi dari lapisan bawah hingga lapisan atas sehingga mendukung proses pembentukan awan hujan di Jawa Tengah, khususnya sebagian besar wilayah pantura tengah-barat termasuk Kota Semarang.

Berdasarkan pantauan dari Citra Satelit dan Radar, BMKG Ahmad Yani Semarang telah mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim dari pukul 01.30 WIB dan telah di update pukul 05.20 WIB dan Kota Semarang termasuk salah satu wilayah yang masuk dalam Peringatan Dini tersebut.

Curah hujan akumulasi harian di Stasiun Meteorologi Ahmad Yani pada tanggal 5 februari 2021, tercatat sebesar 171.0 mm.

Sehingga, Fod Prediksi BMKG menegaskan bahwa baik di Kota Semarang maupun di sejumlah wilayah lainnya di Pulau Jawa masih berpeluang terjadi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas yang tinggi dalam beberapa hari ke depan.

"Iya masih. Untuk wilayah Pulau Jawa masih perlu waspada untuk 3 hari kedepan. Terutama di wilayah pesisir selatan Pulau Jawa," jelas Fod Prediksi BMKG, Sabtu (6/2/2021).

https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/06/181500323/banjir-di-semarang-fod-bmkg-ingatkan-masih-berpotensi-3-hari-ke-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke