Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Planet Terlihat Seperti Bintang dari Bumi?

KOMPAS.com- Saat cuaca cerah di malam hari, langit akan dihiasi banyak bintang. Tapi di antara semua bintang, kita juga sebenarnya melihat planet yang dekat dengan Bumi.

Namun, kenapa planet yang dilihat dari Bumi terlihat seperti bintang?

Rahasia alam semesta dari balik alasan rumit mengapa hal ini bisa terjadi, bahwa bintang berbentuk bintang, karena ketidaksempurnaan di mata kita.

Dilansir dari Smithsonian, Jumat (5/2/2021), kebanyakan bintang sangat mirip dengan Matahari, yakni bola gas raksasa yang membara dengan jarak miliaran mil jauhnya.

Bintang-bintang berbentuk bulat ini memompa aliran cahaya yang terus-menerus melintasi ruang angkasa yang luas sebelum menerangi langit malam.

Sementara di bawah sini, di Bumi, bintang-bintang tampak bukan seperti bola plasma yang tak tergoyahkan dan tak tampak berkobar.

Melainkan bintang-bintang tersebut justru tampak berkelap-kelip saat diamati dari Bumi.

Lantas, mengapa persepsi kita tentang bintang begitu terdistorsi atau sangat berbeda?

Bintang berkelap-kelip karena alasan yang cukup intuitif.

Pergerakan udara di atmosfer planet Bumi dapat meredupkan cahaya bintang untuk sesaat.

Inilah sebabnya, badan antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan bahwa bintang-bintang di cakrawala tampak sangat berkelap-kelip.

Sebab, ada lebih banyak atmosfer di antara kita dan bintang di dekat cakrawala daripada antara kita dan bintang yang lebih tinggi di langit.

Bintang membuat cahayanya sendiri, sama seperti matahari kita.

Dikutip dari Space, bintang-bintang sangat jauh jaraknya dari Tata Surya kita, sehingga mereka tampak kecil, meskipun dari dekat fisiknya jauh lebih besar dari apa yang kita lihat dari Bumi.

Demikian juga planet-planet di Tata Surya kita. Planet-planet itu berada jauh jaraknya dari Bumi, sehingga tampak lebih kecil seperti bintang saat diamati dari Bumi di malam hari.

Planet-planet tampaknya berukuran sama dengan bintang-bintang karena letaknya yang sangat dekat dengan kita.

Planet tidak menghasilkan cahayanya sendiri. Jadi planet memantulkan cahaya matahari dengan cara yang sama seperti Bulan kita memantulkan sinar matahari untuk menerangi malam di Bumi.

Sehingga dari planet yang kita huni ini, planet akan tampak berkilau seperti bintang yang berkelap-kelip di langit malam.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/05/190200423/kenapa-planet-terlihat-seperti-bintang-dari-bumi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke