Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMKG: 3 Hari Ini Waspada Gelombang Tinggi dan Banjir Rob

KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di sejumlah wilayah agar mewaspadai potensi gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan gelombang tinggi dan banjir pesisir atau rob berpeluang terjadi di perairan utara Jawa, mulai hari ini, Rabu (27/1/2021) hingga dua hari ke depan yaitu 28-29 Januari 2021.

Potensi gelombang tinggi dan banjir rob tersebut adalah dampak dari angin dengan kecepatan yang cukup tinggi yaitu sekitar 9-46 km per jam.

"Angin dengan kecepatan cukup tinggi yang berhembus konsisten di Laut Jawa mengakibatkan tinggi gelombang di perairan utara Jawa dengan ketinggian gelombang dapat mencapai 2,5 - 4,0 meter," kata Guswanto dalam keterangan resminya.

Bersamaan dengan itu, adanya aktivitas bulan purnama juga berpengaruh terhadap kondisi pasang air laut maksimum.

Guswantor berkata, pasang air laut maksimum itu berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau banjir rob di beberapa wilayah pesisir utara Jawa. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Jakarta Utara
  2. Kabupaten Bekasi 
  3. Kabupaten Indramayu
  4. Kabupaten Brebes
  5. Kabupaten Pekalongan 
  6. Kota Semarang
  7. Kabupaten Demak

Hal ini dapat berdampak pada terganggunya kegiatan terutama pada sektor perikanan tangkap, transportasi, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta bongkar muat kapal di pelabuhan. 

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Banjir Pesisir, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,"  kata dia.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/27/174000723/bmkg--3-hari-ini-waspada-gelombang-tinggi-dan-banjir-rob

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke