Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Hari Ini: M 3,6 Guncang Kebumen dan Banyumas, Dipicu Sesar Aktif

KOMPAS.com - Tiga menit setelah kawasan Tobelo, Maluku Utara, diguncang gempa dengan kekuatan M 5,0, gempa lain mengguncang Jawa.

Wilayah Kebumen dan Banyumas, Jawa Tengah diguncang gempa tektonik di hari Kamis (14/1/2021) pada pukul 00.36 WIB dengan magnitudo 3,6.

Episenter terletak pada koordinat 7,57 LS dan 109,43 BT tepatnya di darat yaitu Desa Giyanti, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, pada jarak 26 km arah barat daya Kota Kebumen dengan kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, menurut Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, gempa Kebumen berkekuatan M 3,6 yang terjadi pagi dini hari tadi merupakan jenis gempa dangkal akibat sesar aktif.

"Diduga pembangkit gempa ini adalah Sesar Kebumen yang jalurnya cenderung berarah tenggara - barat laut, melalui utara Kota Kebumen ke arah Waduk Sempor," kata Daryono dalam keterangan tertulisnya.

Dia menjelaskan, mekanisme sumber gempa ini oblique fault, yaitu kombinasi gerak geser mengiri (sinistral strike-slip) dan turun (normal) dengan nilai jurus strike 154 derajat.

Hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa gempa ini dirasakan di wilayah Rowokele, Sempor, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Ayah, Purwokerto, dan Banyumas dalam skala intensitas II MMI. Di mana guncangan dirasakan oleh beberapa orang, benda benda ringan yang di gantung bergoyang dan belum menimbulkan kerusakan.

Hingga pukul 05.00 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa gempa ini tidak diikuti gempa susulan (aftershock)

Masyarakat diimbau agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Upayakan untuk memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/14/092600923/gempa-hari-ini--m-3-6-guncang-kebumen-dan-banyumas-dipicu-sesar-aktif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke