Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMKG: Tidak Ada Gempa Jakarta Hari Ini, Berikut 3 Faktanya

KOMPAS.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa tidak ada gempa bumi yang terjadi di Jakarta hari ini, Senin (4/1/2021).

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.

"Siang ini beberapa awak media menanyakan, apakah BMKG mencatat adanya aktivitas gempa di Jakarta? Pertanyaan ini didasari munculnya beberapa kata kunci terkait 'gempa Jakarta' dalam perangkat mesin pencari kata," kata Daryono.

Diakui Daryono, jika kita mengamati laman Google Trends pada siang hari ini, Senin 4 Januari 2021 tampak kata kunci yang sedang banyak dicari orang, adalah kata 'Jakarta gempa hari ini' dan 'gempa Jakarta'.

Berikut beberapa fakta yang terjadi menyangkut persoalan trending gempa Jakarta itu.

1. Ada gempa kecil di Kabupaten Bogor

Berdasarkan hasil analisis BMKG dengan melacak daftar kejadian gempa bumi pada hari ini, Senin (4/1/2021), kata Daryono, memang tampak sesuatu yang menarik yaitu adanya kejadian gempa kecil tadi pagi hari pukul 04.10 WIB dengan magnitudo M 2,4.

Episenter terletak pada koordinat 6,48 Lintang Selatan dan 107,10 Bujur Timur tepatnya di Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor dengan kedalaman 10 km.

Gempa yang terjadi ini termasuk gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif belum terpetakan.

Hingga siang ini BMKG belum menerima laporan masyarakat mengenai adanya gempa dirasakan di Jakarta dan sekitarnya.

Apakah munculnya kata kunci 'gempa Jakarta' yang banyak dicari pada hari ini berkaitan dengan gempa kecil yang berpusat di Kecamatan Jonggol?

Dalam hal ini BMKG menegaskan bahwa hari ini tidak ada hasil analisis gempa bumi dengan episenter di DKI Jakarta.

2. Mirip peristiwa Cikarang, Bekasi

Daryono berkata, peristiwa gempa kecil di atas mengingatkan kita pada kejadian gempa sebelumnya pada 10 Desember 2019 pukul 12.54.22 WIB.

Saat itu Cikarang, Bekasi dan sekitarnya diguncang gempa magnitudo 3,2. Warga melaporkan guncangan dirasakan dalam skala intensitas II MMI.

Gempa ini dipicu aktivitas sesar aktif dengan kedalaman dangkal 4 km. Episenter terletak pada jarak 27 km arah timur Depok atau 23 km arah tenggara Bekasi.

3. Diakibatkan sesar aktif

Kedua gempa di atas menjadi bukti adanya sumber gempa sesar aktif dekat Jakarta, Bogor dan Bekasi.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak mudah terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Namun, informasi potensi gempa tersebut bukanlah peringatan dini sehingga masyarakat tidak perlu panik.

Akan tetapi dapat direspon dengan upaya mitigasi struktural yang konkret dengan cara membangun bangunan rumah tahan gempa, agar kita selamat jika terjadi gempa bumi.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/04/200300523/bmkg--tidak-ada-gempa-jakarta-hari-ini-berikut-3-faktanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke