Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Permainan Bola Sudah Ada di China Sejak 3000 Tahun Lalu

KOMPAS.com- Peneliti menemukan tiga bola kulit kuno di kuburan penunggang kuda di barat laut China.

Berdasarkan penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Archaeological Science: Reports, tim peneliti mengungkapkan bahwa bola kulit ini berusia sekitar 3000 tahun, menjadikannya bola tertua yang ditemukan di Eurasia.

Seperti dikutip dari Science Daily, Jumat (16/10/2020) bola yang ditemukan di pemakaman tua Yanghai dekat kota Turfan, China, itu memiliki diameter antara 7,4 hingga 9,2 cm.

"Temuan ini sekitar lima abad lebih tua dari bola kuno yang ditemukan sebelumnya di Eurasia, sehingga temuan menggambarkan bahwa permainan bola sudah lebih lama ada di wilayah tersebut," kata Patrick Wertmann, peneliti dari Universitas Zurich.

Sayangnya, peneliti tak bisa cukup menggali informasi untuk menjawab pertanyaan bagaimana bola-bola itu dimainkan.

"Bola kulit dari Yanghai ini tak terkait dengan bentuk awal hoki lapangan atau polo, meski dua bola ditemukan di kuburan para penunggang kuda," papar Wertmann.

Meski belum bisa mengulik bagaimana bola kulit ini dimainkan, peneliti berhasil mengungkap beberapa hal yang lain.


Di salah satu kuburan penunggang kuda di China, peneliti menemukan sisa-sisa busur komposit serta sepasang celana panjang.

Kedua barang itu menurut peneliti merupakan bukti era baru berkuda, peperangan berkuda, dan transformasi sosial.

Sehingga temuan pun menunjukkan bahwa permainan bola kemungkinan merupakan bagian dari latihan fisik dan militer yang dimainkan oleh penunggang berkuda agar mereka tetap fit.

Selain itu, seperti saat ini pula, permainan bola memainkan peran sentral dalam masyrakat dan menjadi kegiatan rekreasi.

Sementara itu sejarah mencatat bahwa bola tertua yang saat ini diketahui dibuat di Mesir sekitar 4.500 tahun yang lalu dengan menggunakan kain linen.

Sedangkan orang Amerika Tengah telah memainkan permainan bola setidaknya selama 3.700 tahun, yang dibuktikan melalui lapangan bola monumental yang terbuat dari batu dan penggambaran pemain bola.

Hingga saat ini, diyakini bahwa permainan bola kuno di Eropa dan Asia terjadi lebih lama lagi.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/16/203200723/permainan-bola-sudah-ada-di-china-sejak-3000-tahun-lalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke