Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kena Kanker Usus Besar, Haruskah Menjalani Operasi?

 

KOMPAS.com - Banyak penderita penyakit kanker kolorektal atau kanker usus besar yang merasa ragu, bahkan menolak, ketika harus menjalani pembedahan atau operasi. Padahal, operasi pemotongan usus merupakan standar emas penanganan jenis kanker ini.

Dokter spesialis bedah digestif, dr Abdul Hamid Rochanan Sp.B-KBD MKes dalam acara Instagram live edukasi yang digelar oleh Cancer Information Support Center (CISC) berkata bahwa sebenarnya, modalitas terapi untuk kanker kolorektal ada lima.

Kelima terapi itu adalah pembedahan (operasi), radioterapi, kemoterapi, imunoterapi dan nutrisional.

"Dari modalitas terapi ini, yang utama yang mana? Pembedahan," kata Hamid dalam saluran digital bertajuk Lika-liku Kanker Kolorektal dalam Masa Pandemi Covid-19-Kenali dan Tangani dengan Tepat, Sabtu (12/9/2020).

Dia juga mengatakan, kalau ada yang bilang enggak usah (dioperasi atau dibedah), diberi obat A saja, (obat) B saja, mohon enggak usah dipercaya.

"Modalitas yang saya sebutkan tadi, gold standard-nya (standar emasnya) adalah pembedahan," imbuhnya.

Semua stadium kanker kolorektal bisa dan harus dilakukan pembedahan.

Pengecualiannya adalah ketika kondisi kanker kolorektal yang dialami pasien sudah menempel di seluruh bagian organ sekitar usus besar, sehingga pembedahan tidak lagi memiliki pengaruh. Dalam kondisi tersebut, pembedahan menjadi tidak memungkinkan.

"Tapi standarnya, stadium berapa pun (kanker kolorektal atau usus besar) harus dilakukan pembedahan dengan cara dipotong (usus yang terkena kanker)," jelasnya.

Baru setelah pembedahan, pasien bisa menjalani terapi yang kedua yaitu kemoterapi.

"Kemoterapi itu bukan pengganti operasi (pembedahan), karena itu satu kesatuan modalitas terapi," jelasnya.

Pada dasarnya, setelah pasien kanker kolorektal dilakukan operasi atau pembedahan, baru akan ditentukan stadium dari kanker tersebut.

Jika masih stadium 0 dan 1, maka tidak membutuhkan terapi sistemik karena kanker tersebut ditemukan dalam stadium dini dan bersifat kuratif, yaitu dapat sembuh dengan melakukan pembedahan saja.

Akan tetapi, untuk kanker kolorektal stadium 2, terutama yang berisiko tinggi untuk kambuh, serta stadium 3 dan stadium 4, harus dilakukan terapi sistemik atau kemoterapi.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/09/15/100800923/kena-kanker-usus-besar-haruskah-menjalani-operasi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke