Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Minggu Ini Ada Perigee hingga Bulan Purnama Strawberry, Catat Tanggalnya

KOMPAS.com - Awal Juni 2020 menjadi momentum yang menarik bagi para astronom juga masyarakat. Pada minggu pertama bulan ini, ada beberapa fenomena langit yang menarik.

Berdasarkan keterangan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), berikut rincian jadwal fenomena langit minggu ini sesuai tanggalnya.

1 Juni: Konjungsi Saturnus dan Jupiter

Konjungsi atau kesejajaran Saaturnus dan Jupiter ini pada umumnya terjadi hampir setiap bulan Juni.

Dalam minggu ini, Anda dapat menyaksikan Saturnus dan Jupiter mendekat dengan jarak sudut pisah sebesar 4,85 derajat pada tanggal 1 Juni 2020.

Anda dapat mengamati fenomena ini dimulai pukul 21.30 WIB dari arah Timur hingga Barat, sepanjang malam hingga Matahari terbit.

3 Juni: Perigee

Perigee adalah kondisi Bulan berada di titik terdekat Bumi. Pada momen kali ini jaraknya berada pada 364.390 kilometer dari pusat Bumi.

Fenomena ini terjadi pada tanggal 3 Juni 2020 pukul 10.47 WIB, dan membuat Bulan tampak lebih besar jika diamati dari Bumi dengan lebar sudut 32,8 menit busur.

4 Juni: Konjungsi inferior Venus

Konjungsi inferior venus adalah fenomena di mana Venus terletak diantara Matahari dan Bumi, serta berada pada 1 garis lurus dengan Matahari dan Bumi.

Puncak fenomena ini terjadi pada 4 Juni 2020 pukul 00.42 WIB, dan jarak antara Venus dengan Bumi sekitar 43 juta kilometer.

4 Juni: Merkurius di Elongasi Timur Maksimum

Masih pada 4 Juni, planet Merkurius mncapai elongasi timur maksimum yaitu 23,6 derajat dari Matahari.

Disebutkan bahwa ini adalah waktu terbaik untuk melihat Merkurius karena akan berada pada titik tertinggi di atas cakrawala di langit malam.

5 Juni: Fase Bulan Purnama

Fenomena yang satu ini adalah kondisi di mana Bulan akan terletak di belakang Bumi bila dilihat dari Matahari, dan wajahnya akan sepenuhnya disinari cahaya Matahari.

Fase ini terjadi pada tanggal 5 Juni pukul 02.12 WIB.

6 Juni: Gerhana Bulan Penumbra (GBP)

Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika Bulan melewati bayangan sebagian Bumi atau penumbra.

Selama gerhana ini terjadi pada pukul 00.45 hingga 04.04 WIB, maka Bulan akan sedikit lebih gelap dari biasanya.

6 Juni: Strawberry Full Moon

Fenomena bulan purnama menjadi salah satu yang sangat dinantikan. Untuk awal bulan Juni, Anda dapat menyaksikan fenomena bulan purnama yang disebut Strawberry Full Moon.

Fenomena ini akan terjadi pada 6 Juni 2020, dengan puncak fenomena terjadi pukul 02.12 WIB pada jarak 369.005 kilometer dari pusat Bumi.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/01/170300223/minggu-ini-ada-perigee-hingga-bulan-purnama-strawberry-catat-tanggalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke