Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertama Kalinya Uji Coba Vaksin Corona pada Manusia di Australia

KOMPAS.com - Australia menjadi negara pertama di belahan bumi selatan yang mulai uji coba vaksin virus corona pada manusia.

Melansir VOA Indonesia, Sabtu (30/5/2020), sebanyak 131 orang dengan rentang usia antara 18-59 tahun dilibatkan dalam uji coba yang dilakukan di Melbourne dan Brisbane.

Vaksin NVX-CoV2373 berhasil dikembangkan sebagai antivirus Covid-19 oleh perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Novavax.

Sejak Januari 2020, perusahaan ini telah berupaya mengembangkan vaksin ketika wabah virus corona baru itu mewabah di China pada akhir tahun 2019.

Seperti diketahui, pandemi penyakit yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan ini telah merebak luas ke seluruh penjuru dunia.

Hingga saat ini, untuk menangkal wabah virus SARS-CoV-2 itu hanya dapat dilakukan dengan vaksin, sebab terapi obat, bahkan vaksin belum ditemukan.

Vaksin dikembangkan untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh dan merangsang tingkat antibodi penetral yang tinggi.

Ahli penyakit menular yang terlibat dalam uji coba ini vaksin corona di Australia, dr Paul Griffin berharap obat ini akan berhasil menyerang virus dan siap digunakan dalam beberapa bulan.

"Kami mencari antibodi, jenis serta jumlah antibodi, kemudian kami mengambil beberapa unsur dari peserta uji coba melalui tes darah dan melakukan banyak percobaan untuk menunjukkan antibodi itu menetralkan virus," kata Griffin.


Miliaran dosis vaksin corona akan tersedia 

Lebih lanjut Griffin menjelaskan perusahaan yang memproduksi vaksin sudah mulai meningkatkan proses, sehingga sudah banyak dosis vaksin yang dibuat.

"Jika kita bisa membuktikannya aman dan efektif, maka kemungkinan pada akhir tahun sejumlah besar dosis akan tersedia," imbuh dia.

Peneliti berharap apabila vaksin tersebut berhasil, maka seidikitnya 100 juta dosis dapat dibuat pada akhir tahun ini dan 1,5 miliar dosis akan tersedia pada tahun depan.

Vaksin dinilai sangat berguna untuk melindungi populasi terhadap penyakit parah ini.

Uji coba vaksin Covid-19 di Australia ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam persaingan global dalam menciptakan vaksin virus corona.

Hal itu disampaikan pejabat berwenang di Australia, yang mana beberapa peserta uji coba akan mendapatkan plasebo, sementara yang lain akan diberikan obat Novavax.

Hasil awal dari uji coba ini, diperkirakan akan diperoleh pada Juli mendatang dan para ilmuwan berharap beberapa hasil konklusif pada akhir tahun ini.

Fase dua uji coba vaksin corona ini akan berlangsung dengan ribuan relawan di beberapa negara.

Ada lebih dari 100 vaksin virus corona yang potensial sedang dikembangkan saat ini. Sekitar 10 vaksin telah mencapai tahap percobaan pada manusia.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/30/160400623/pertama-kalinya-uji-coba-vaksin-corona-pada-manusia-di-australia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke