Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serba-serbi Hewan: Mirip Manusia, Ular Juga Punya Teman

KOMPAS.com - Sebagian besar orang mungkin menganggap jika ular adalah hewan soliter dan acuh tak acuh. Namun sebuah studi mengungkapkan jika apa yang kita pikirkan, tak benar.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Behavioral Ecology and Sociobiology, ular ternyata juga membentuk ikatan yang kuat dengan spesiesnya, menunjukkan jika mereka juga berteman.

"Semua hewan, bahkan ular perlu berinteraksi dengan yang lain," ungkap Morgan Skinner, pemimpun penelitian dan kandidat doktor ekologi perilaku di Wilfrid Laurier University di Kanada.

Hal tersebut tampak dalam riset yang dilakukan pada ular garter (Thamnophis sirtalis sirtalis).

Eksperimen dilakukan untuk menilai kepribadian serta kemampuan sosialisasi ular yang hidup di Kanada hingga Kosta Rika tersebut.

Peneliti mengamati 40 ular garter remaja yang ditangkap liar dan dibeli dari peternak.

Selanjutnya peneliti menandai setiap ular untuk memudahkan pengamatan dan menempatkannya di penangkaran.

Hasilnya menunjukkan jika ular grater juga mencari kontak sosial dan juga memilih dengan siapa mereka bersosialisasi.

"Mereka memiliki kesadaran sosial yang tinggi dan bisa membedakan satu sama lain," tambah Skinner, dilansir National Geographic, Rabu (13/05/2020).

Tetapi peneliti belum ketahui apa yang memotivasi ular-ular itu untuk bersosialisasi. Yang jelas ini tak ada kaitannya dengan musim kawin atau reproduksi.

Gagasan bahwa ular juga berteman ini mungkin memang mengejutkan, tetapi hubungan seperti itu semakin banyak ditemukan di dunia hewan.

Mulai dari flamingo, kelelawar, hingga gajah.

Hal ini tak terlepas dari kemampuan alat peneliti yang jauh lebih baik untuk mengumpulkan dan menganlisis data jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Selain menganalisis interaksi ular, peneliti juga menguji kepribadian ular. Apakah pemalu atau pemberani.

Mereka menemukan jika ular pemalu cenderung diam dan jarang pergi ke kandang yang lebih besar. Sementara ular pemberani berperilaku seperti penjelajah, sering meninggalkan kandang untuk merayap ke tempat baru.

Namun begitu berkelompok, perbedaan kepribadian itu lenyap. Ular umumnya mengikuti kawanan, mungkin itu adalah strategi untuk tetap aman di alam liar.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/15/070200623/serba-serbi-hewan--mirip-manusia-ular-juga-punya-teman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke