Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Dinas dari AS, AHY Sayangkan Investor Kabur karena Masalah Tanah

Kompas.com - 19/05/2024, 09:21 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (18/5/2024) setelah melakukan perjalanan dinas ke Washington DC, Amerika Serikat.

Perjalanan dinas selama 4 hari tersebut dilakukannya dalam rangka menghadiri konferensi tentang pertanahan yang diselenggarakan oleh World Bank.

Jelasnya, konferensi tentang pertanahan level internasional ini terakhir digelar pada tahun 2019. Sehingga menurutnya ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia menyampaikan keberhasilan kinerjanya di bidang pertanahan.

"Sebuah kehormatan yang diberikan kepada Indonesia untuk menyampaikan kisah sukses yang menjadi best practice dalam administrasi refroma agraria," kata AHY saat ditemui Sabtu malam.

AHY mengaku pemaparan kisah sukses reforma agraria Indonesia yang dilakukannya mendapatkan repons positif dari negara-negara lain.

Agenda tersebut juga penting untuk menarik investor datang dan menanamkan modalnya ke Indonesia.

Baca juga: AHY Pastikan Lahan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang Clean and Clear

Menurutnya, sangat disayangkan apabila investor malah kabur ke negara tetangga untuk melakukan investasi karena kepastian hukum atas tanah di Indonesia masih belum jelas.

"Kita juga harus punya iklim dan ekosistem investasi yang semakin baik, kompetitif, dan menjanjikan. Ini yang bisa menarik capital masuk ke Indonesia dan pada akhirnya bisa menopang perekonomian," tuntas AHY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com