Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Stasiun di Jakarta Akan Layani Keberangkatan KA Lebaran

Kompas.com - 25/03/2024, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencegah penumpukan penumpang mudik, keberangkatan Kereta Api (KA) Lebaran dari Jakarta dilakukan dari empat stasiun.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta, Minggu (24/3/2024).

Keempat stasiun tersebut yaitu Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Bekasi.

"Ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dan memecah penumpang sehingga tidak menumpuk di satu stasiun," ujar Menhub, dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Ini Daftar KA yang Masuk Promo Yuk Lebaran Aja di Jakarta dari KAI

Selain itu, dia mengatakan, PT KAI telah menambah dua rangkaian kereta Api baru tujuan Jawa Barat, yakni KA Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir-Stasiun Banjar, Tasikmalaya dan KA Papandayan rute Stasiun Gambir-Stasiun Garut.

Pada masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2024, PT KAI Daop I telah menyediakan 1.664 kereta api (KA), dengan rata-rata 76 perjalanan per hari.


Sementara kereta api tambahan yang telah disiapkan sebanyak 366 KA atau rata-rata 17 perjalanan per hari.

Menhub menyampaikan apresiasi kepada para petugas yang telah memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang KA serta koordinasi berbagai pihak dalam mengupayakan kelancaran angkutan Lebaran.

"Semua kita lakukan dengan baik. Tadi saya menyapa dan bertanya kepada beberapa penumpang. Mereka rata-rata memberi apresiasi kepada KAI. Semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi bangsa dan memberikan layanan yang baik agar mudik ceria penuh makna dapat kita laksanakan," tandas Menhub.

Baca juga: Kereta Api Jadi Moda Transportasi Andalan Pemudik Tahun 2024

Selain menyapa para penumpang, Menhub juga membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada para penumpang KA di stasiun Pasar Senen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com