Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Letakkan Kulkas di Kamar Tidur, Ini Alasannya!

Kompas.com - 29/10/2023, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Croma

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda termasuk orang yang senang ngemil di tengah malam, maka menempatkan lemari es atau kulkas di kamar tidur terlihat sebagai hal yang sangat praktis. 

Anda tidak perlu lagi membuang-buang tenaga untuk pergi ke dapur sekedar untuk mengambil cemilan dan minuman dingin di dalam kulkas. 

Namun demikian, tahukah Anda memiliki kulkas di dalam kamar tidur bisa menggangu kenyamanan dan bisa menjadi potensi bahaya?

Seperti dikutip dari laman Croma, berikut 3 alasan mengapa Anda tidak boleh menempatkan kulkas di dalam kamar tidur. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Jenis-jenis Suara Kulkas yang Patut Diwaspadai

1. Peningkatan suhu

Kulkas mengeluarkan panas berlebih, yang kemudian hilang ke udara. Pelepasan panas tersebut  dapat meningkatkan suhu kamar tidur Anda.

Jika Anda masih memutuskan untuk memiliki kulkas di kamar tidur, pilihlah kulkas mini. Kemudian letakkan di dekat ventilasi atau jendela untuk mengusir panas ke luar kamar. 

2. Kebisingan berlebih

Tidak seperti peralatan elektronik lainnya, kulkas harus beroperasi sepanjang hari untuk menjaga makanan tetap dingin dan segar.

Namun, tetap ada suara bising yang dikeluarkan. Suara dengungan konstan dari lemari es terjadi bahkan di malam hari. Jika Anda termasuk orang yang sulit tidur, ini bisa menjadi masalah.

 

3. Potensi kebocoran freon

Meskipun sangat jarang terjadi, bila freon dari kulkas Anda bocor suatu ketika, hal ini dapat menyebabkan penyakit.

Jika freon bocor dalam bentuk cair, akibatnya cukup ringan. Namun jika bocor dalam bentuk gas, freon bisa sangat beracun.

Baca juga: Cara Memilih Kulkas Terbaik untuk Minibar Dapur

 

Gas freon yang terhirup, bisa berakibat fatal bahkan mengancam nyawa manusia. Oleh karena itu, sebaiknya lemari es Anda dirawat secara rutin oleh teknisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com