Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilometer 10 Tol Pondok Aren-Serpong Dioperasikan Mulai Kamis Ini

Kompas.com - 07/09/2023, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bintaro Serpong Damai (BSD) siap memfungsikan pembangunan tidak sebidang Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang (Weaving) Km 10 Jalan Tol Pondok Aren-Serpong per Kamis (7/9/2023).

Dikutip dari keterangan resmi, proyek tersebut telah memenuhi persyaratan fungsional dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Proyek Km 10 Tol BSD ini merupakan bentuk kontribusi kami dalam meningkatkan faktor keselamatan bagi para pengguna jalan, khususnya saat pengendara menuju ke arah Exit Ramp Pamulang dan ke arah Aeon Mall," tutur Direktur Utama PT BSD Purwoto.

Lingkup konstruksi penanganan weaving di Km 10 mulanya merupakan persilangan sebidang yang dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Kemudian bagian tersebut diganti menjadi jalan layang sepanjang kurang lebih 1 kilometer (Ramp 1) dan jalan di atas tanah sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer (Ramp 2 dan 3).

Melalui proyek ini, potensi kecelakaan akibat adanya persilangan kendaraan di Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang dapat dihilangkan.

Baca juga: Waskita Tawarkan Tol Pemalang-Batang ke Calon Investor di AIPF

Sejak Maret 2022, Manajemen Tol BSD telah menginisiasi tiga proyek dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Tangerang Selatan, yakni proyek konstruksi penanganan banjir di Km 8, konstruksi tidak sebidang Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang (Weaving) Km 10, serta pelebaran jalan pada arteri Exit Ramp Pamulang untuk mengurai kemacetan di arteri Exit Ramp Pamulang.

Proyek konstruksi penanganan banjir Km 8 arah BSD telah difungsionalkan sebelumnya pada 24 Februari 2023 untuk arah Jakarta dan 26 Juni 2023 untuk arah BSD.

Sementara, penataan jalan di arteri Exit Ramp Pamulang juga telah selesai seluruhnya sejak 31 Juli 2023.

Penataan jalan arteri yang dilakukan yakni pelebaran jalan untuk pembuatan U Turn baru untuk mengurai kemacetan.

Penataan saluran drainase untuk mencegah terjadinya genangan yang kerap terjadi di musim hujan juga dilakukan disertai dengan penataan trotoar yang mengedepankan ornamen Kota Tangerang Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com