Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilelang pada Oktober 2023 mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui usai Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024 di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Basuki menjelaskan bahwa sudah dilaksanakan perencanaan pembangunan Bandara VVIP IKN yang juga bakal digarap oleh Kementerian Perhubungan.

"Mungkin Oktober, kayak lelang dini," ucap Basuki.

Berdasarkan rencana jaringan jalan tol yang pernah disampaikan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pembangunan Infrastruktur IKN, Bandara VVIP IKN akan tersambung dengan Jalan Tol IKN.

Tepatnya, bandara ini akan tersambung dengan Tol IKN Seksi 5B Bandara VVIP-Jembatan Pulang Balang dan Seksi 6 Ring Road IKN-Bandara VVIP.

Kedua seksi jalan tol tersebut rencananya baru akan digarap setelah pembangunan infrastruktur IKN tahap pertama tahun 2024.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur IKN mendapat kucuran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024 sebesar Rp 40,6 triliun.

Baca juga: Basuki Kebut Proyek 12 Tower Rusun ASN di IKN, Juli 2024 Siap Huni

Anggaran tersebut diserahkan kepada Kementerian PUPR sekitar Rp 35 triliun dan sisanya adalah porsi Kementerian Perhubungan.

Di sisi lain, desain Bandara VVIP IKN bakal mengusung ciri khas budaya Kalimantan, ramah lingkungan, serta memerhatikan estetika.

Hal itu diutarakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau lokasi pembangunan Bandara VVIP IKN pada Sabtu (5/8/2023) lalu.

"Kita akan memberikan satu upaya yang terbaik agar arsitektur dari sini tampak budaya dari Kalimantan, dan jangan lupa konsepnya green airport," ujar Budi Karya, dikutip dari laman Kementerian Perhubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com