Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Jalan Arah Jawa Masih Harus Lewat Pantura hingga Besok

Kompas.com - 01/05/2023, 09:16 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat dari arah barat menuju ke timur Jawa masih harus melalui Jalur Pantai Utara (Pantura) hingga besok.

Pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju arah timur akan dialihkan keluar di Gerbang Tol (GT) Cikampek Km 72 dan melanjutkan perjalanan lewat Pantura.

Pasalnya, rekayasa lalu lintas one way di Jalan Tol Trans-Jawa dari Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga Km 72 Cikampek kembali diberlakukan.

Sebelumnya, one way arus balik ini dijadwalkan selesai pada hari Minggu (30/4/2023) pukul 24.00 WIB.

Direncanakan perpanjangan rekayasa lalu lintas one way akan berakhir pada Senin (1/5/2023) pukul 24.00 WIB.

Namun apabila dalam periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut volume lalu lintas menuju Jakarta masih padat, maka terbuka kemungkinan one way akan dilanjutkan hingga waktu yang belum ditentukan.

Selain itu, juga masih diberlakukan contraflow dua lajur dari Km 72 Cikampek sampai dengan Km 47 Tol Japek arah Jakarta.

Sedangkan untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung lewat Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) masih berlaku normal.

Baca juga: Semburan Api di Rest Area Tol Cipali Belum Padam, Ini Upaya yang Dilakukan Pengelola

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan.

Sebelum melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta, diimbau untuk menyiapkan saldo e-toll minimal Rp 500.00 hingga kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) agar perjalanan lebih nyaman.

Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Japek, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas.

Hal ini dikarenakan gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak kepada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com