Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik Dongkrak Konsumsi Gasoline di Sumatera Utara

Kompas.com - 21/04/2023, 21:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Freddy Anwar memprediksi lonjakan konsumsi BBM dan LPG selama masa Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) mulai 1 April sampai Mei 2023.

Konsumsi produk gasoline naik sebesar 18 persen persen dari rerata harian normal, menjadi 5.750 kiloliter per hari.

Hal ini disebabkan peningkatan arus mudik yang didominasi kendaraan pribadi, sepeda motor dan hilangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Produk gasoil diperkiran turun 5 persen dari harian normal menjadi 3.273 kiloliter perhari karena pembatasan pergerakan kendaraan logistik pada arus mudik dan balik," kata Freddy, Jumat (21/4/2023).

Estimasi penyaluran LPG Public Service Obligation (PSO) dan NPSO, juga mengalami kenaikan sebesar 19,73 persen dari rerata normal karena meningkatnya aktivitas memasak masyarakat saat berkumpul dengan keluarga.

Baca juga: Melalui Satgas RAFI, Pertamina Pastikan Pasokan Energi di Kepri Aman

Selain itu, meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kegiatan pariwisata juga menjadi kontributor kenaikan konsumsi LPG.

Menyinggung Avtur di Sumatera Utara, Freddy kembali memprediksi akan terjadi lonjakan konsumsi 15,6 persen dari rerata harian normal menjadi 416 kiloliter per hari.

Namun, dia memastikan ketahanan stok seluruh produk BBM di atas 21 hari, LPG di level 20 hari, Avtur di 36 hari dan terus diproduksi.

"Stok ini belum termasuk stok yang akan disalurkan dari kilang dan yang sedang berjalan dari kapal tanker," ungkapnya.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut pun telah mengaktifkan kembali Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) untuk memastikan pasokan dan distribusi energi ke masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri aman dan lancar.

Freddy mengatakan, sarana dan fasilitas (sarfas) penerima dan penyaluran energi di Fuel Terminal (FT) Medan Group, FT Sibolga, FT Pematangsiantar, FT Kisaran, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Kualanamu, DPPU Silangit, Depot LPG Pangkalansusu, lembaga penyalur serta sub penyalur dalam kondisi baik dan siap melayani.

Beberapa upaya dalam pengamanan pasokan BBM dan LPG di antaranya dengan meningkatkan stok, menambah mobil tangki yang dapat berfungsi sebagai SPBU Kantong, membentuk Posko Satgas RAFI di kantor region, kantor cabang, TBBM dan Depot LPG serta berkoordinasi dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), BPH Migas, kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan dan dinas terkait lainnya.

Juga menyiagakan layanan khusus BBM dan LPG di Sumut yakni 107 SPBU Siaga, 12 SPBU Kantong, 15 SPBU Motoris, 4 Posko Kesehatan di SPBU yang jalurnya padat pemudik, 309 agen LPG PSO Siaga, 367 agen LPG PSO dan NPSO Siaga, 20.287 pangkalan LPG PSO dan NPSO Siaga serta 7 SPBE LPG PSO dan NPSO Siaga.

Posko Siaga menyediakan free medical check up sekaligus tempat istirahat. SPBU Kantong siaga di Kabupaten Karo, Simalungun, Samosir, Humbanghasudutan, Dairi, Padangsidempuan, Tapanuli Utara, Tobasamosir dan Labuhanbatu.

"SPBU Kantong atau mobile storage adalah mobil tangki berisi BBM yang siaga di SPBU, tujuannya untuk mempercepat proses pengisian BBM di SPBU sehingga stok BBM tetap terjaga," kata Freddy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com