Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren! Kapal Pinisi Jadi Inspirasi Desain Paviliun Indonesia di Jerman

Kompas.com - 19/04/2023, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan nama kapal tradisional asal Sulawesi Selatan, Kapal Pinisi.

Kapal legendaris sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu oleh masyarakat Suku Bugis untuk mengarungi lautan di nusantara maupun ke berbagai belahan dunia.

Kekokohan kapal ini dalam mengarungi lautan ternyata menjadi inspirasi bagi pemerintah untuk mendesain Paviliun Indonesia dalam event Hannover Messe 2023, di Hannover, Jerman.

Sebagai official partner country dari perhelatan akbar industri tersebut, Indonesia menghadirkan Zona National Pavilion dengan estimasi area mencapai 3.000 meter persegi.

Baca juga: Kurator Manfaatkan Kertas Bangun Paviliun Indonesia di Venesia

Paviliun ini pun baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Kamis (17/4/2023) pagi, waktu setempat.

“Paviliun Indonesia didesain khusus mengikuti bentuk kapal tradisional Indonesia, Kapal Pinisi. Kami ingin menghadirkan semangat Indonesia dalam mengarungi tantangan masa depan,” ungkap Presiden dalam sambutannya saat acara peresmian.

 

“Kapal Pinisi ini memiliki kompas yang dinamakan Making Indonesia 4.0 sebagai navigator transformasi industri di Indonesia,” lanjut Presiden.

Tak lupa, Presiden mengajak para hadirin untuk mengunjungi Paviliun Indonesia untuk melihat Indonesia sebagai land of opportunity dan sebagai hub manufaktur masa depan.

“Kapal Pinisi ini memiliki dua tiang utama dan tujuh buah layar. Dua tiang layar utama mencerminkan fondasi transformasi Indonesia, yaitu hilirisasi industri dan percepatan transisi energi bersih,” jelas Presiden.

Baca juga: Siap-siap, Investor Bakal Diajak Jokowi ke IKN usai Lebaran

Sementara itu, simbol tujuh layar mencerminkan sektor prioritas yang dipromosikan oleh co-exhibitor, meliputi makanan minuman, tekstil, otomotif, elektronik, kimia, alat kesehatan, dan farmasi.

Percepatan transformasi industri Indonesia akan berkontribusi bagi bangkitnya ekonomi kawasan dan ekonomi global

“Dengan spirit “Infinite Journey”, mari berlayar bersama dan mengakselerasi transformasi industri bagi dunia yang lebih baik, karena berinvestasi di Indonesia berarti berinvestasi di masa depan yang lebih cerah,” tegas eks Walikota Solo ini.

Paviliun Indonesia menjadi tempat para pelaku industri andalan Indonesia untuk memamerkan teknologi, produk dan kebolehannya, serta berinteraksi dengan pengunjung yang berasal dari kalangan bisnis dan tokoh-tokoh penting dunia.

Indonesia menggandeng sekitar 157 co-exhibitor yang akan berpartisipasi di Paviliun Indonesia, dimana dari tiap sektor akan dipilih tiap champion dan walkabout exhibitor dari tiap sektor.

Paviliun Indonesia terbuka bagi para pengunjung pameran Hannover Messe yang berasal dari pelaku bisnis internasional dan para pemangku kebijakan dari berbagai negara.

Para pengunjung tak hanya dapat melihat kebolehan inovasi teknologi industri Indonesia namun juga bisa melakukan interaksi yang dalam jangka panjang diharapkan akan tertarik untuk melakukan investasi bisnis di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com