Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantu Waskita Karya, Mandor Proyek Masjid Sheikh Zayed Solo Bereskan Utang Warung

Kompas.com - 19/03/2023, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk membantu memfasilitasi penyelesaian kewajiban utang para mandor Proyek Masjid Sheikh Zayed Solo kepada Pemilik Warung pada Sabtu (18/03/2023).

Para mandor yaitu Sugiyantoro, Sunandar, dan Guntur Mustofa menyatakan tidak ada maksud sama sekali untuk membuat kegaduhan dan permasalahan seperti ini.

Dia minta maaf telah menjadi topik perbincangan di masyarakat hingga menjadi atensi Wali Kota Solo dan Waskita Karya.

"Kami selaku mandor meminta maaf yang sebesar-besarnya terutama kepada Walikota Solo Gibran Rakabuming sudah membuat kegaduhan seperti ini," ujar Mandor dalam rilis pers diterima Kompas.com.

Baca juga: Waskita Karya Tak Ada Kaitan Soal Utang Mandor Proyek Masjid Raya Sheikh Zayed

Mereka juga meminta maaf kepada Waskita Karya atas permasalahan yang sebetulnya tidak ada hubungannya dengan Perseroan. Artinya masalah ini mutlak urusan antara pihak warung dan mandor.

"Karena dari pihak Waskita Karya sudah tidak ada masalah dan untuk masalah utang piutang ini saya menyatakan siap bertanggung jawab untuk membayar lunas saat ini," tandas salah satu Mandor.

Dian Ekasari selaku Pemilik Warung pun berterima kasih kepada Wali Kota Solo dan Waskita Karya sudah membantu dan menjembatani pertemuan ini.

"Tidak ada maksud sama sekali untuk membuat jelek nama Waskita Karya dan memviralkan kasus ini," ucapnya.

Selanjutnya dilakukan pembayaran sisa hutang secara langsung kepada Pemilik Warung serta penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pembayaran Sisa Hutang yang ditandatangani oleh Para Mandor dan Ibu Dian Ekasari selaku Pemilik Warung.

Momen tersebut disaksikan secara langsung oleh Project Manager Masjid Sheikh Zayed Solo Adriansyah dan Corporate Secretary.

Baca juga: Masjid Ikonik Tak Berkubah hingga UMK Berdaya Saing, Ada di Rest Area Jasa Marga

Director of Operation I & QSHE I Ketut Pasek Senjaya menjelaskan, langsung meminta kepada Tim Proyek Masjid Sheikh Zayed Solo dan Corporate Secretary untuk segera dituntaskan dan memanggil para mandor untuk ke Solo walaupun mereka sudah bekerja di Gresik, Tangerang, dan Ambon.

"Serta bantu mediasi antara mandor dan pihak warung walaupun secara langsung bukan merupakan tanggung jawab Waskita dan puji syukur sudah selesai dengan pembayaran secara langsung dan tanda tangan Berita Acara," terang Pasek.

Untuk diketahui, Masjid Sheikh Zayed Solo yang merupakan karya Waskita secara resmi sudah dibuka untuk umum pada tanggal 1 maret 2023 oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Masjid ini merupakan replika dari masjid dengan nama yang sama di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yang menggunakan motif batik kawung pada marmer dan juga ornamen pilar-pilar masjid serta siap digunakan untuk kegiatan bulan Ramadhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com