Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun 2022, Industri Properti Nasional Alami Stagnansi

Kompas.com - 27/02/2023, 13:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Industri properti di tanah air yang mengalami kebangkitan pasca pandemi sepanjang tahun 2022. Meskipun demikian, industri properti justru ditutup dengan siklus stagnasi di akhir tahun.

Country Manager Rumah.com Marine Novita, mengungkapkan berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Report Q1 2023 pada akhir tahun 2022 industri properti mengalami stagnasi baik dari sisi indeks harga maupun indeks suplai, serta penurunan permintaan.

"Rumah.com Indonesia Property Market Report Q1 2023 menunjukkan kenaikan tipis sebesar 1 persen pada indeks harga secara kuartalan di pada kuartal keempat 2022,” jelasnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Agar Tak Keliru, Begini Tips Memilih Asuransi Properti

Sementara itu, kenaikan sangat tipis sebesar 0,3 persen secara kuartalan pada indeks suplai. Namun, indeks permintaan pasar secara nasional turun sebesar 40,4 persen secara kuartalan.

Marine menjelaskan bahwa stagnasi yang terlihat pada indeks harga, suplai, serta tren negatif pada indeks permintaan secara nasional diperkirakan sebagai tren tahunan.

Di samping itu, penyebab lainnya karena adanya tren kenaikan suku bunga dan tidak lepas dari kondisi makro ekonomi secara global.

 

Biasanya di akhir tahun pengeluaran masyarakat lebih banyak pada hal konsumtif dari pada berinvestasi untuk membeli properti baru.

“Masyarakat lebih memprioritaskan keuangan untuk merayakan natal dan tahun baru serta liburan bersama keluarga. Ini menjadi penyebab turunnya minat terhadap pasar properti pada kuartal keempat 2022,” tandas Marine.

Baca juga: Sektor Properti Komersial Tumbuh Selama 2022, Haruskah Mulai Berinvestasi?

Data Rumah.com Indonesia Property Market Report merupakan hasil analisis DataSense by PropertyGuru for Business dari 700.000 listing properti dari seluruh Indonesia dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com