Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakaaston-Universitas Pancasila Ciptakan Produk Nanogrout, Apa Itu?

Kompas.com - 22/02/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Hutama Karya (Persero), PT Hakaaston atau HKA, berkolaborasi dengan Universitas Pancasila menghasilkan material perbaikan jalan, struktur bangunan, serta bearing pad (bantalan penahan) jembatan bernama Nanogrout.

Direktur Operasi dan Teknik HKA Martin Nababan mengungkapkan, produk ini merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengisi ruang-ruang kecil berukuran nano pada material bangunan seperti beton atau batu bata.

“Material ini sering digunakan untuk perbaikan kerusakan atau retak pada permukaan beton atau batu bata dan memastikan bahwa permukaan tersebut rata dan kokoh,” ujar Martin dalam rilis, Selasa (21/2/2023).

Perlu diketahui, HKA berkolaborasi dengan Universitas Pancasila dalam program Kementerian Pendidikan, Kebudayan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bertajuk Matching Fund (MF).

Program ini memberikan skema insentif dana kepada perguruan tinggi meneliti dan menciptakan suatu produk inovasi. Selanjutnya, dikomersialisasi oleh dunia usaha melalui HKA.

Baca juga: Hakaaston Incar Dana Segar Rp 370 Miliar Lewat JLO Tol Trans-Sumatera

Program MF telah berjalan selama kurang lebih satu tahun dimulai pada Maret 2022 hingga berakhir pada Januari 2023 lalu.

 

HKA dalam program MF ini memberikan dukungan kepada perguruan tinggi seperti bantuan material, fasilitas uji coba, dan pengujian di lapangan.

Hal tersebut bertujuan agar perguruan tinggi mendapatkan pengetahuan praktis dan keahlian yang sedang berkembang di dalam dunia industri dan kerja.

“Inovasi ini dihasilkan setelah melalui masa riset selama satu tahun. Ini merupakan sumbangsih HKA di bidang pendidikan yang diharapkan dapat memberikan manfaat bukan hanya bagi perguruan tinggi namun juga bagi perusahaan," ucap Martin.

Adapun Nanogrout sendiri memiliki keunggulan dapat memenuhi kebutuhan proyek dengan spesifikasi yang semakin tinggi.

Karena, memiliki sifat mekanis yang baik, dan berbahan lokal. Jadi, harga sangat kompetitif serta memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com