Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpanorama Danau Toba, Tol Kuala Tanjung-Parapat Bakal Jadi "Scenic Tollroad"

Kompas.com - 03/12/2022, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat disebut-sebut bakal menjadi scenic tollroad (jalan tol dengan pemandangan indah) pertama yang dibangun oleh Pemerintah.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) Dindin Solakhuddin mengatakan, tol tersebut juga merupakan yang pertama dan terbaik yang dimiliki oleh Hamawas.

"Di mana ruas kita itu diharapkan nanti bersinggungan langsung dengan tepi Danau Toba," terang Dindin kepada Tim Merapah Trans-Sumatera Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: UMKM Jenis Ini Boleh Berjualan di KSPN Danau Toba

Dengan demikian, konsep scenic tollroad ini harus diwujudkan oleh Hamawas selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

Selain berperan sebagai konektivitas andalan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, tetapi juga konsep ini merupakan keinginan Pemerintah.

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dirancang nantinya memiliki enam seksi dan satu junction.

Seksi 1  Tebing Tinggi-Inderapura, Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar, dan junction Tebing Tinggi.

Keempat seksi dan junction ini merupakan porsi dari BUJT, dalam hal ini Hamawas.

Sementara dua seksi lainnya yakni Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok, dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat merupakan dukungan Pemerintah.

Kedua seksi tersebut saat ini masih dalam tahap persiapan.

Ruas ini juga sekaligus menghubungan beberapa kota dan kabupaten di Sumut yakni Kota Tebing Tinggi.

Kemudian, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Simalungun, Kota Pematang Siantar, dan Kabupaten Toba Samosir, serta pendukung pertumbuhan ekonomi di Sumut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com