Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2022, 05:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Grand Vitara telah mengadakan Jambore Nasional GV 3 selama dua hari yakni, 12 November 2022-13 November 2022 di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara (Jakut).

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pelaksanaan sosialisasi aplikasi Cantas yang diprakarsai oleh PT Roatex Indonesia Toll System (RITS).

Aplikasi ini merupakan sistem transaksi Multi-Lane Free Flow (MLFF) atau Sistem Transaksi Tol Non-tunai Nirsentuh berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengucapkan selamat atas kegiatan sosialisasi tersebut.

"Selamat mengikuti sosialisasi MLFF sebagai layanan transaksi cerdas, nirsentuh di jalan tol otomatis dengan menggunakan aplikasi Cantas di smartphone kita masing-masing," tutur Danang, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: Lima Juta Orang Ditargetkan Mengunduh Cantas, Aplikasi Transaksi Tol Nirsentuh MLFF

Dengan hadirnya sistem ini, pengguna mendapatkan pengalaman melewati jalan tol tanpa hambatan, praktis, nyaman, dan lebih hemat.

Adapun aplikasi ini memungkinkan pengguna kendaraan untuk melakukan pembayaran hanya dengan melalui gawai.

Dengan penerapan sistem transaksi non-tunai ini, maka tak akan lagi dijumpai gerbang tol (GT) di Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Melalui Cantas, Global Positioning System (GPS) akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching (pencocokan peta) akan berjalan di central system (sistem pusat).

Saat kendaraan keluar dari jalan tol dan proses tersebut berakhir, maka sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Jika hendak menggunakan aplikasi tersebut, para pengendara diharuskan melakukan pendaftaran pelat nomor kendaraan.

Selain melalui aplikasi, pengguna tol juga dapat memasang On-Board Unit (OBU) di kendaraan yang terintegrasi sistem pembayaran di GT.

Bahkan, pengguna juga bisa memanfaatkan electronic route ticket atau tiket sekali perjalanan di jalan tol. Sehingga, mereka dapat memilih cara yang paling efektif sesuai kebutuhannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com