Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 20:00 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) berhasil menjadi juara utama dalam ajang International Year in Infrastructure 2022 kategori Rail and Transit.

Ajang yang diselenggarakan oleh World Engineering Software Bentley System tersebut berlangsung di London, 14-15 November 2022.

Wika diwakili oleh Romi Ramadhan dan Rizky Yusuf Ramadhan memenangkan penghargaan usai memaparkan tentang Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Proyek ini memiliki kompleksitas, inovasi, serta kemandirian Building Information Modelling (BIM) yang implementatif guna mengembangkan solusi.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Tampil di G20 Showcase Rabu Depan

Wika pun memanfaatkan penggunaan teknologi Bentley Open Solution, reality model dan digital twin untuk mengembangkan ekosistem digital yang mengandung informasi intelligence dan pemodelan dinamis.

Dengan integrasi ini, Wika dapat meningkatkan efisiensi, kualitas desain review dan mempercepat proses konstruksi.

Kepala Divisi Engineering Wika, Aries Sugiarto menyampaikan bahwa Pengakuan dari perusahaan global sekelas Bentley, menunjukkan bahwa BIM saat ini telah memainkan peran penting bagi keberhasilan proyek Wika.

 

Penerapannya memang sudah terbukti mampu memberikan perencanaan yang lebih akurat dan memberikan optimasi dari segi waktu pengerjaan maupun biaya.

"Ini menunjukan pengakuan dunia terhadap implementasi BIM di Wika yang juga didukung oleh sumber daya manusia yang handal,” jelas Aries.

Dikatakan, kedepannya Wika akan semakin fokus mengoptimalkan penerapan teknologi BIM sehingga meningkatkan nilai tawar dan peningkatan efisiensi untuk dapat mengembangkan bisnis di sektor konstruksi.

Baca juga: Mengenal Depo Tegalluar, Rumah Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ajang International Year of Infrastructure 2022 ini diikuti oleh 47 negara di dunia, 180 organisasi dan lebih dari 300 nominasi proyek.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Industry Marketing Director Rail Bentley Systems, Steve Cockerell didampingi oleh CEO Bentley, Greg Bentley. Penghargaan pun diberikan kepada Kepala Divisi Engineering Wika, Aries Sugiarto.

Turut hadir mendampingi dan menyaksikan penganugerahan tersebut antara lain, General
Manager BIM & Riset, Romi Ramadhan, beserta tim.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+