Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Enam Bulan, Wika Beton Catatkan Pendapatan Usaha Rp 1,85 Triliun

Kompas.com - 30/08/2022, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Sampai dengan Juni 2022, PT Wijaya Karya Beton Tbk. (Wika Beton) berhasil mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 1,85 triliun.

Capaian ini membuktikan adanya kinerja positif perseroan karena besar pendapatan usaha tumbuh 47,16 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu senilai Rp1,26 triliun.

Hal tersebut disampaikan oleh pihak Wika Beton dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Sementara itu, besar laba bersih yang berhasil didapatkan sebesar Rp 60,29 miliar atau meningkat sebesar 68,59 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu senilai Rp 35,76 miliar.

Baca juga: Gara-gara Pandemi, WIKA Beton Rombak Target Besar-besaran

Untuk perolehan omzet dari kontrak baru dalam periode yang sama, perusahaan berhasil mendapatkan pemasukan sebesar Rp 3,81 triliun.

Jumlah tersebut meningkat 35,24 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu senilai Rp 2,81 triliun.

Proyek-proyek besar yang menyumbang perolehan kontrak baru Wika Beton didominasi oleh proyek di bidang infrastruktur sebesar 68,01 persen.

Kemudian disusul proyek di sektor properti sebesar 15,65 persen, kemudian proyek di sektor energi sebesar 10,66 persen.

Baca juga: Wika Beton Resmikan Pabrik di Subang

Pemasukan lainnya berasal dari sektor pertambangan dan industri masing-masing menyumbang sebesar 3,23 persen dan 2,45 persen.

Proyek-proyek tersebut diantaranya adalah Ancol Timur–Pluit Toll Road, Manyar Smelter Project, Coastal Area Kota Balikpapan, Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Lotte Line Project Cilegon, serta Peningkatan Jalur KA Medan Labuhan–Rantau Prapat.

Kemudian ada pula proyek Pemasangan Pipa SPAM Jatiluhur, Peningkatan Kapasitas Jalan Tol Cikampek KM 50 sampai dengan KM 67, Semarang–Demak Toll Road, Makassar New Port Access Toll Road dan sejumlah proyek lainnya.


Dengan sejumlah pencapaian positif yang Wika Beton raih di semester 2 tahun 2022 ini, perseroan telah membuktikan bahwa kinerja usahanya nyaris pulih kembali pasca pandemi Covid-19 melanda tanah air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com