Kompas.com - 22/06/2022, 05:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bogor dinilai berpotensi besar sebagai pemimpin pertumbuhan properti residensial pasca-kepindahan Ibu Kota Nusara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Ketua Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Apindo Sanny Iskandar, Bogor memiliki keunggulan dari segi topografi wilayahnya di pegunungan yang memberikan kesejukan.

Sehingga, wilayah tersebut dapat memberikan nilai tambah untuk kawasan-kawasan hunian yang dibangun di sana.

Sanny berpendapat, wilayah Barat Jakarta seperti Serpong, Tangerang, sudah lebih dahulu menjadi pusat residensial, dan mulai berkembang menjadi wilayah perdagangan.

Sementara di Timur Jakarta seperti Kota Bekasi juga bahkan saat ini sudah padat, terlebih Cikarang telah menjadi pusat kawasan industri.

"Nah, di Selatan cocok untuk pengembangan residensial, pariwisata,” jelas Sanny dalam Bisnis Indonesia Forum Group Discussion dengan judul “Membedah Peluang Pengembangan Properti Residensial di Kawasan Sunrise” di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Keunggulan-keunggulan ini yang bakal mendorong pergeseran pertumbuhan properti residensial mengarah ke Bogor, terutama segmen hunian menengah atas.

Baca juga: Tertarik Tinggal di Bogor? Ini Rekomendasi Rumah Murah Pekan Ini

Merujuk data Rumah.com Indonesia Property Market Index Kuartal IV-2021, pencarian rumah di Bogor tumbuh paling pesat dibandingkan wilayah-wilayah lain di Jabodetabek hingga mencapai 21,84 persen.

Menariknya, pencarian rumah tertinggi berada pada segmen rumah menengah atas dengan kisaran harga Rp 1,5 miliar-4 milliar.

Senada dengan Sanny, Pengamat Properti Ali Tranghanda juga mengungkapkan hal yang sama, termasuk kehadiran salah satu proyek milik PT Agung Podomoro Land Tbk yakni Podomoro Golf View (PGV).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.