Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Seksi Pertama Calon Tol Terpanjang Mulai Dibangun Kuartal II-2023

Kompas.com - 21/06/2022, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) akan memulai pembangunan Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara Jalan Tol Gedebage-Cilacap dimulai Kuartal II Tahun 2023.

Direktur Utama JGC Johannes Mancelly mengungkapkan, JGC terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait demi mempercepat pembangunan calon jalan tol terpanjang di Indonesia tersebut.

"JGC juga berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mempercepat penyelenggaraan pembangunan Jalan Tol Gedebage-Cilacap," ungkap Johannes dalam siaran pers, Selasa (21/6/2022).

Johannes mengatakan, konstruksi Tol Gedebage-Cilacap direncanakan akan dilakukan dalam dua tahap.

Pembangunan tahap pertama yaitu Seksi 1 dan Seksi 2 yang dimulai dari Junction Gedebage hingga Simpang Susun (SS) Tasikmalaya sepanjang 95,52 kilometer.

Baca juga: Begini Kabar Terbaru Calon Tol Terpanjang di Indonesia

Sedangkan untuk tahap kedua yaitu Seksi 3 dan Seksi 4 dimulai dari SS Tasikmalaya hingga SS Cilacap membentang 111,13 kilometer.

Sejauh ini, JGC sebagai pengelola infrastruktur konektivitas tersebut tengah memasuki proses inventarisasi lahan.

Progres ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya penetapan lokasi (penlok) oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Penlok yang telah diterbitkan pada Februari 2022 tersebut mencakup wilayah Gedebage hingga Garut utara.

Kini, proses identifikasi dan pematokan yang masuk dalam Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara Tol Gedebage-Cilacap untuk Kota Bandung dan Kabupaten Garut telah selesai dilakukan.

Sementara itu, untuk Kabupaten Bandung, saat ini masih dalam proses penerbitan surat keputusan pembentukan tim pengadaan tanah.

Jalan tol ini terbagi atas empat seksi yaitu Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer dan Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer.

Sedangkan, Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 kilometer, serta Seksi 4 Patimuan-Cilacap membentang 34,35 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com