Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak 2015 hingga 2021, Kementerian PUPR Bangun 410 Jembatan Gantung

Kompas.com - 21/06/2022, 15:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak tahun 2015 hingga 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berhasil membangun 410 unit jembatan gantung di seluruh Indonesia.

Jembatan gantung adalah salah satu infrastruktur kerakyatan dan telah menjadi akses penghubung antardesa.

Kehadiran jembatan gantung ini memiliki peran vital untuk mempermudah mobilitas orang, jasa, dan logistik bagi masyarakat setempat.

Baca juga: Tahukah Anda Jembatan Gantung Pertama di Dunia?

"Hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antarwarga,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Sejak tahun 2015 hingga 2021, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah membangun 410 unit jembatan gantung di seluruh Indonesia.

Jembatan Gantung Sudisari di Kabupaten MagelangKementerian PUPR Jembatan Gantung Sudisari di Kabupaten Magelang

Total panjang keseluruhan jembatan gantung yang dibangun tersebut mencapai 30.171 meter. Jembatan gantung tersebut dibangun dengan bentang terpendek 32 meter dan terpanjang 300 meter.

“Ini adalah pencapaian luar biasa. Jembatan gantung terlihat pendek, tapi kalau dirangkai kita telah membangun 30 km jembatan gantung,” ujar Kepala PMU Jembatan Gantung dan Rangka Baja Jembatan Ditjen Bina Marga, Hendarto.

Baca juga: 4 Jembatan Gantung di Provinsi Aceh Dibangun Senilai Rp 12,8 Miliar

Pada tahun 2015, tercatat Kementerian PUPR membangun 10 jembatan gantung dengan total panjang 762 meter. Kemudian, di tahun 2016 sebanyak 7 unit jembatan gantung berhasil dibangun dengan total panjang 720 meter.

Pada tahun 2017 terdapat 13 unit jembatan gantung yang berhasil dibangun dengan total panjang 850 meter. Kemudian pada 2018, ada 130 unit jembatan gantung yang berhasil dibangun dan memiliki total panjang 9.124 meter.

Tiga jembatan gantung di Jatim selesai dibangun.Dok. Kementerian PUPR Tiga jembatan gantung di Jatim selesai dibangun.

Pada tahun 2019 sebanyak 140 unit jembatan gantung berhasil dibangun dengan total panjang 10.008 meter. Selanjutnya tahun 2020 dibangun sebanyak 43 jembatan gantung dengan total panjang 3.764 meter.

Sementara pada tahun 2021 dibangun 67 unit jembatan gantung sepanjang 4.943 meter.

Jembatan gantung terpanjang yang dibangun dalam periode ini yaitu Jembatan Gantung Kali Erok di Distrik Korupun, Kabupaten Yahukimo, Papua. Jembatan ini memiliki panjang 300 meter yang dikerjakan pada tahun anggaran 2020.

Sementara jembatan gantung terpendek memiliki panjang 32 meter di antaranya Jembatan Gantung Slada di Brebes dan Jembatan Gantung Aek Silang di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Jembatan Gantung Mbah Buto di Provinsi Jawa Timur.Dok. Kementerian PUPR. Jembatan Gantung Mbah Buto di Provinsi Jawa Timur.

Jembatan gantung merupakan salah satu wujud kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur daerah perdesaan terutama yang sulit dijangkau sehingga lebih terbuka.

Kehadiran jembatan gantung sangat dibutuhkan masyarakat karena kondisi geografi wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah, dan sungai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com