Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basmi Kecoa saat Hujan Kembali Mengguyur Pakai Bahan Alami Ini

Kompas.com - 29/05/2022, 10:42 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Pulse.ng

JAKARTA, KOMPAS.comHujan kembali mengguyur Jakarta dan beberapa wilayah lain di Indonesia dalam beberapa hari terkahir.

Adapun salah satu tantangan yang kerap dihadapi saat hujan turun adalah kecoa yang tiba-tiba muncul.

Hal ini dikarenakan kecoa menyukai tempat yang lembap dan kotor, sehingga kehadiran serangga ini bisa menimbulkan penyakit.

Kecoa bisa mudah dibasmi dengan semprotan pembunuh serangga. Sayangnya, semprotan ini mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak baik untuk anak-anak ataupun hewan peliharaan.

Selain meggunakan semprotan berbahan kimia, kecoa juga bisa dibasmi menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa di antaranya:

Baca juga: Pilihan Atap Terbaik untuk Memanen Air Hujan

Daun salam

Daun salam adalah salah satu bumbu dapur yang bisa membuat masakan terasa lebih nikmat.
Selain itu, daun salam disebut mampu mengusir kecoa karena aromanya yang kurang disukai oleh serangga.

Caranya, Anda hanya perlu menghancurkan beberapa daun salam dan letakkan di sudut-sudut dan area gelap tempat kecoa biasa bersarang.

Soda kue

Soda kue adalah bahan pembuat kue yang terkenal ampuh dengan kemampuannya untuk menghilangkan bau tidak sedap dan membersihkan peralatan.

Sedangkan untuk membunuh kecoa, campurkan soda kue dengan gula. Gula akan menarik kecoak dan soda kue yang akan membunuhnya.

Tempatkan campuran kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk kecil atau tutup toples atau Anda bisa menaburkan di sudut daerah yang gelap dan lembap.

Baca juga: Cegah Kebocoran Rumah Akibat Hujan Deras, Begini Caranya

Catnip

Selain ampuh usir nyamuk, catnip nyatanya juga efektif dalam membasmi kecoa. Tumbuhan ini mengandung nepetalactone atau bahan kimia aktif yang mengusir serangga tanpa membahayakan manusia dan hewan peliharaan.

Anda cukup merebus daun catnip selama 10 menit dan biarkan dingin. Setelah itu, pindahkan air rebusan daun catnip ke botol semprot.

Semprotkan air rebusan catnip ke area gelap dan lembap, tempat kecoa bersarang.

Boraks

Boraks mengandung asam borat yang ketika dicerna oleh kecoa akan merusak lapisan sel usus mereka.

Untuk membunuh kecoak dengan boraks, campurkan dua sendok makan boraks dan dua cangkir gula dalam satu liter air, kemudian tuangkan ke dalam botol semprot.

Anda juga bisa menambahkan dua hingga tiga tetes minyak peppermint ke dalam campuran, aduk rata, serta semprotkan ke daerah tempat bersarangnya hewan satu ini.

Silica gel

Biasanya Anda akan menemukan silica gel di kotak sepatu atau barang baru lainnya. Silica gel adalah bahan yang berfungsi untuk mengontrol kelembapan barang agar tidak busuk atau berjamur.

Selain itu, silica gel juga dapat mengusir kecoa. Anda hanya perlu mencampurkan bahan ini dengan gula dan taburkan di sekitar rumah serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com