Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekali Lagi, Rumus 3 Detik dan Bagaimana Berkendara dengan Aman di Jalan Tol

Kompas.com - 16/05/2022, 15:31 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dua hari terakhir, Minggu (15/5/2022) hingga Senin (16/5/2022), kecelakaan maut terjadi di Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim). Kecelakaan itu secara total menewaskan 22 orang.

Hari Minggu, sebanyak 7 orang tewas dalam kecelakaan maut di Jalan Raya Klari-Cikampek, Desa Tamelang, Kecamatan Purwasari, Karawang, Jabar.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Karawang AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan, kecelakaan bermula dari mobil Elf T 7556 DB yang melaju dari arah Klari menuju Cikampek.

Baca juga: Terapkan Rumus 3 Detik di Jalan Tol Agar Tetap Aman Berkendara

Saat berada di Kampung Kalijurang, Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, mobil yang dikemudikan Deni Budiman tersebut oleng ke sebelah kanan.

"Elf kemudian menabrak median jalan dan menyeberang ke jalur sebelah kanan, sehingga bertabrakan dengan kendaraan Suzuki Pickup warna hitam bernopol T 8493 DZ," ujarnya. 

Minibus tersebut kemudian menabrak sejumlah sepeda motor yang berjalan dari arah Cikampek menuju Klari. Selain 7 orang tewas, insiden ini juga mengakibatkan 4 orang terluka berat dan 6 orang luka ringan.

Kecelakaan Maut di Jatim

Sementara itu, dua kejadian lainnya terjadi di jalan tol di Jatim. Penyebabnya karena supir mengantuk.

Kecelakaan pertama terjadi di Kabupaten Nganjuk, Jatim, tepatnya di Tol Trans Jawa KM 638+400 Jalur B, Desa Banaran Wetan, Kecamatan Bagor, pada Senin pagi.

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas (Kanit Lakalantas) Polres Nganjuk Iptu Sugino menuturkan, kejadian ini bermula ketika mobil Elf melaju dari arah timur ke barat.

Meski melaju dengan kecepatan sedang, lantaran sopir mengantuk dan tidak memperhatikan kendaraan di depannya, minibus tersebut menubruk truk Nissan bernomor polisi AB 8930 LD.

Baca juga: Tol Pertama dan Terbaik di Indonesia Itu Bernama Jagorawi, Dibangun Kontraktor Korea

“Itu ngantuk sopirnya (Elf Mitsubishi), bekas selip juga enggak ada, ngantuk. Kejadiannya tadi pagi sekitar pukul 04.00 WIB,” ucap Iptu Sugiono.

Akibat kejadian ini, dua penumpang mobil Elf tewas di lokasi. Adapun para penumpang lain mengalami luka-luka.

Kecelakaan lainnya terjadi di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Kilometer 712+400 jalur A arah Surabaya, Jatim, Senin, sekitar pukul 06.00 WIB.

Sebuah bus pariwisata bernomor polisi S 7322 UW menabrak tiang variable message sign (VMS).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Mojokerto Kota AKP Heru Sudjio menerangkan bus Ardiansyah tersebut sempat oleng ke kiri, lalu menabrak pembatas jalan hingga sejauh 150 meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com