Sekali Lagi, Rumus 3 Detik dan Bagaimana Berkendara dengan Aman di Jalan Tol

Kompas.com - 16/05/2022, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dua hari terakhir, Minggu (15/5/2022) hingga Senin (16/5/2022), kecelakaan maut terjadi di Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim). Kecelakaan itu secara total menewaskan 22 orang.

Hari Minggu, sebanyak 7 orang tewas dalam kecelakaan maut di Jalan Raya Klari-Cikampek, Desa Tamelang, Kecamatan Purwasari, Karawang, Jabar.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Karawang AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan, kecelakaan bermula dari mobil Elf T 7556 DB yang melaju dari arah Klari menuju Cikampek.

Baca juga: Terapkan Rumus 3 Detik di Jalan Tol Agar Tetap Aman Berkendara

Saat berada di Kampung Kalijurang, Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, mobil yang dikemudikan Deni Budiman tersebut oleng ke sebelah kanan.

"Elf kemudian menabrak median jalan dan menyeberang ke jalur sebelah kanan, sehingga bertabrakan dengan kendaraan Suzuki Pickup warna hitam bernopol T 8493 DZ," ujarnya. 

Minibus tersebut kemudian menabrak sejumlah sepeda motor yang berjalan dari arah Cikampek menuju Klari. Selain 7 orang tewas, insiden ini juga mengakibatkan 4 orang terluka berat dan 6 orang luka ringan.

Kecelakaan Maut di Jatim

Sementara itu, dua kejadian lainnya terjadi di jalan tol di Jatim. Penyebabnya karena supir mengantuk.

Kecelakaan pertama terjadi di Kabupaten Nganjuk, Jatim, tepatnya di Tol Trans Jawa KM 638+400 Jalur B, Desa Banaran Wetan, Kecamatan Bagor, pada Senin pagi.

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas (Kanit Lakalantas) Polres Nganjuk Iptu Sugino menuturkan, kejadian ini bermula ketika mobil Elf melaju dari arah timur ke barat.

Meski melaju dengan kecepatan sedang, lantaran sopir mengantuk dan tidak memperhatikan kendaraan di depannya, minibus tersebut menubruk truk Nissan bernomor polisi AB 8930 LD.

Baca juga: Tol Pertama dan Terbaik di Indonesia Itu Bernama Jagorawi, Dibangun Kontraktor Korea

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.