Telan Rp 357 Milliar, Ini Sederet Proyek Jalan dan Jembatan di Kawasan Borobudur

Kompas.com - 16/05/2022, 14:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan jaringan jalan dan jembatan pada 2020-2021.

Merujuk informasi dari situs resmi Ditjen Bina Marga pada Senin (16/05/2022), penanganan jalan dan jembatan pada periode tersebut sepanjang 72,93 kilometer dengan total anggaran sebesar Rp 357,06 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ketersediaan infrastruktur jalan yang memadai akan mengubah wajah kawasan sekaligus mempercepat pengembangan destinasi wisata Borobudur dan meningkatkan layanan bagi wisatawan untuk mencapai lokasi wisata.

Baca juga: Berlibur ke Borobudur, Sarhunta Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Menginap

"Layanan jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian lokal di kawasan wisata," ujar Basuki.

Pelaksanaannya melalui pekerjaan pelebaran jalan, rekonstruksi jalan, pemeliharaan rutin, rehabilitasi trotoar dan drainase, serta pembangunan jembatan.

Sederet pengerjaan tersebut dilaksanakan secara bertahap pada 2020-2021 melalui tujuh paket pekerjaan.

Untuk tahun 2020 telah selesai empat paket pekerjaan penanganan jalan dan jembatan sepanjang 35,40 kilometer dengan nilai kontrak sebesar Rp 178,82 miliar.

Empat paket pekerjaan telah diserahterimakan yakni pelebaran Jalan Sentolo-Nanggulan-Dekso sepanjang 15,6 kilometer, preservasi Jalan Yogyakarta-Tempel-Pakem-Prambanan sepanjang 2,4 kilometer.

Kemudian, preservasi Jalan Pringsurat-Secang-Keprekan sepanjang 8,50 kilometer, dan preservasi Jalan Keprekan-Muntilan-Salam (Batas DIY) sepanjang 8,59 kilometer.

Baca juga: Mengupas Makna Unik di Balik Situs Bersejarah Candi Borobudur

Sementara pada 2021, dilanjutkan penanganan tiga paket pekerjaan jalan dan jembatan sepanjang 37,53 kilometer dengan anggaran sebesar Rp 178,23 miliar.

Meliputi rehabilitasi Jalan DPSP Borobudur sepanjang 24,4 kilometer, preservasi Jalan Keprekan Borobudur sepanjang 12,8 kilometer.

Serta, pembangunan Jembatan Kali Progo Cs sepanjang 160 meter berupa penanganan Jembatan Kali Elo Mendut di Kabupaten Magelang sepanjang 40 meter.

Adapun penataan trotoar, pembangunan jembatan, dan pedestrian tetap memperhatikan aspek estetika yang serasi dengan upaya pelestarian kawasan Borobudur sebagai Situs Warisan Budaya Dunia (World Heritage Site).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.