Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbarui Kesepakatan, MRT Jakarta Percepat Pengembangan Fase 3

Kompas.com - 14/05/2022, 12:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta bersama dengan Crossrail International memperbarui kesepakatan bersama dalam upaya percepatan pengembangan Fase 3 East West Line.

Kerja sama tersebut disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan di KBRI London, Inggris, Kamis (12/5/2022).

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, melalui kerja sama ini, MRT Jakarta akan melakukan serangkaian implementasi seperti pembentukan Project Delivery Unit dan Capacity Building dalam mempercepat Fase 3 East West Line.

Baca juga: Profil Proyek MRT Jakarta Fase 2A

"Beberapa workshop juga akan dilaksanakan bersama antara MRT Jakarta dengan Crossrail International pada bulan Juni 2022 sesuai dengan ruang lingkup MOU,” kata William.

Adapun ruang lingkup kerja sama ini mencakup peningkatan kapasitas termasuk struktur organisasi dan alternatif skema pendanaan untuk Fase 3 MRT.

Kemudian strategi perencanaan dan penyampaian untuk Fase 3 MRT dan strategi pembangunan koridor ekonomi, sosial, hijau berkelanjutan.

Kerja sama ini juga merupakan tindakan kolaboratif bersama lebih lanjut untuk menyediakan sistem transportasi umum yang nyaman dan andal seperti MRT.

"Semakin banyak orang akan beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum yang secara signifikan juga akan mengurangi emisi di Jakarta," kata William dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022). 

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi terjalinnya kerja sama tersebut.

Hal ini merupakan tindakan kolektif dalam menghadapi krisis global untuk membangun dunia yang lebih tangguh dan berkelanjutan.

Menurut Anies, Jakarta telah mengatur ulang visi kota untuk berubah dari kota yang padat lalu lintas dan tercemar menjadi kota yang lebih berkelanjutan dan tahan iklim.

"Kerja sama ini dilakukan untuk mewujudkan perubahan khususnya di sektor transportasi. Sektor ini memegang peranan penting dan menjadi penyumbang pangsa emisi gas rumah kaca (GRK) terbesar," kata Anies.

Di sisi lain, lanjut Anies, sektor transportasi merupakan pilar penting bagi mobilitas perkotaan yang menciptakan efek berlipat ganda pada kegiatan ekonomi.

"Karena itu, Jakarta berkomitmen untuk mengubah sektor mobilitas perkotaan menjadi pendekatan yang lebih berkelanjutan,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com