Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2022, 17:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan MRT Jakarta fase 2A terus dikebut. Per April 2022, progress pekerjaan pembangunan CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas) fase 2A MRT Jakarta telah mencapai 37,73 persen.

Seperti dikutip dari situs resmi MRT Jakarta, seluruh penyelesaian pekerjaan fase 2A ini ditargetkan akan selesai pada Maret 2025 mendatang.

Dalam prosesnya, fase 2A ini akan dibangun tujuh stasiun, meliputi Stasiun Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Baca juga: Para Pemenang Sayembara Desain Stasiun Kota MRT Jakarta

Seluruh stasiun akan berlokasi di bawah tanah dengan kedalaman mulai dari 17 meter hingga 36 meter di dalam tanah.

Dari tujuh stasiun tersebut, Stasiun Thamrin akan menjadi stasiun terpanjang, yaitu 455 meter di mana 200 meter di antaranya disiapkan sebagai area komersial. Stasiun ini pula akan menjadi pertemuan dengan jalur timur dan barat.

Sementara itu, pada Stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar akan dibangun empat lantai di bawah tanah. Hal ini disebabkan oleh karakter terowongan yang melewati kedua stasiun ini.

Seluruh stasiun ini nantinya akan terintegrasi langsung dengan halte bus Transjakarta sehingga memudahan penumpang untuk bermigrasi.

Beralih ke ukuran jarak. Diketahui panjang jalur dari Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kota sekitar 5,8 kilometer dengan jarak antarstasiun mulai dari 0,6 kilometer sampai dengan satu kilometer.

Pembuatan terowongan dari Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Harmoni akan sejajar seperti di fase 1, begitu juga terowongan dari Stasiun Glodok hingga Stasiun Kota.

Sedangkan terowongan yang menghubungkan antara Stasiun Harmoni dan Stasiun Glodok akan dibuat bertingkat (stacked tunnel) sehingga mendukung desain stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar yang nantinya memiliki empat lantai di bawah tanah.

Baca juga: MRT Fase 3 Cikarang-Balaraja Bakal Dilengkapi 49 Stasiun

Pengelola juga akan mengembangkan kawasan berorientasi transit (transit oriented development/TOD) pada fase 2 ini secara bersamaan dengan pembangunan jalur dan stasiun MRT.

Pengembangan TOD di kawasan ini juga termasuk mengembangkan koridor Jalan H. Agus Salim, Jalan Jaksa, Jalan Kebon Sirih, dan Jalan Wahid Hasyim dengan kegiatan yang spesifik serta terintegrasi.

Jalur pejalan kaki juga akan diperbaiki agar menjadi lebih teduh, nyaman, serta terintegrasi dengan ruang terbuka hijau juga akan dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com