Kompas.com - 13/05/2022, 18:19 WIB
Jalan Tol Jagorawi, merupakan salah satu tol yang dikelola oleh PT. Jasa Marga Jasa MargaJalan Tol Jagorawi, merupakan salah satu tol yang dikelola oleh PT. Jasa Marga

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kuartal pertama tahun 2022, PT Jasa Marga (Persero) mampu mencatatakan kinerja positif di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang mulai pulih dari pandemi.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, tercatat Perseroan berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp392,8 miliar atau naik 142,7 persen dibandingkan kuartal I-2021 yakni sebesar Rp 231 miliar. 

Peningkatan kinerja kuartal I-2022 ini merupakan keberhasilan Perseroan menunjukkan komitmen untuk menjaga pertumbuhan kinerja.

Selain itu, Perseroan juga mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 3,2 triliun atau tumbuh 16 persen.

Baca juga: Gelar RUPST, Jasa Marga Kantongi Restu Spin-off Ruas Tol Trans-Jawa

Ini merupakan kontribusi dari kinerja pendapatan tol sebesar Rp 2,9 triliun atau naik 15,7 persen dan kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp 257,8 miliar atau naik 9,6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan adanya peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas Perseroan.

Tidak hanya itu, Perseroan pada kuartal ini juga mampu merealisasikan pertumbuhan EBITDA sebesar 12,7 persen atau mencapai Rp 2,2 triliun, di mana EBITDA Margin mencapai 68,1 persen.

Hingga kuartal I-2022, Jasa Marga menambah jalan tol operasi dengan pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,42 Km.

Pengoperasian dari seksi akhir Jalan Tol Manado-Bitung ini melengkapi ruas yang lebih dulu dioperasikan pada September 2020 lalu yaitu Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km.

Tidak hanya menambah panjang jalan tol operasi, di Januari 2022, Konsorsium Jasa Marga melalui PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) jalan tol Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Baca juga: Bersama PII, Jasa Marga Laksanakan Sertifikasi Insinyur Profesional

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.