Jalan Rusak di Perbatasan Indonesia dan Timor Leste Ditangani dengan Cepat

Kompas.com - 11/05/2022, 15:30 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan kontraktor pelaksana PT Tunas Baru Abadi, bergerak cepat menangani ruas jalan di Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT yang berbatasan dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

Jalan yang semula rusak di sejumlah titik akibat cuaca ekstrem yang melanda wilayah itu, akhirnya dibenahi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.1 Satuan Kerja Wilayah 2 BPJN NTT Herianto J Hotty mengatakan, jalan yang melintasi empat desa di Kecamatan Mutis itu, akan akan dilapis ulang dengan aspal setebal tiga hingga empat sentimeter.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi kerusakan akibat hujan deras yang melanda daerah itu.

"Kita tentunya segera tangani dengan cepat, sehingga jalan ini bisa dinikmati oleh masyarakat di perbatasan," ujar Herianto kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Baca juga: Warga Kecewa Jalan Nasional Berbiaya Rp 79 Miliar di Perbatasan RI-Timor Leste Rusak Sebelum Dinikmati

Herianto menjelaskan, panjang jalan yang dibangun 15,4 kilometer dengan pagu anggaran Rp 79 miliar. Namun nilai kontrak dalam proyek itu anggarannya tercatat Rp 62 miliar.

Proyek ini dikontrakkan sejak Februari 2021 dan dikerjakan oleh PT Tunas Baru Abadi. Rencananya berakhir pada 31 Januari 2021.

Meski tanda tangan kontrak pada Bulan Februari, tetapi mulai efektif dikerjakan pada Juli 2021, karena bencana alam Badai Seroja yang melanda wilayah itu pada April.

Pembangunan jalan pun mulai dikerjakan hingga nyaris rampung pada Oktober 2021.

"Pada bulan Oktober, jalan hanya tersisa dua kilometer yang belum diaspal. Tetapi karena hujan yang terus mengguyur sehingga kita terpecah konsentrasi," ungkap Herianto.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.