Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sofa Kulit hingga Microfiber Berbau Tak Sedap? Simak Cara Mengatasinya

Kompas.com - 18/03/2022, 14:14 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

Sumber homenish

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa yang berbau tak sedap tentu akan mengganggu penciuman dan kenyamanan di rumah Anda. Baik itu sofa kulit, microfiber, serta beludru.

Beberapa penyebab sofa memiliki bau tak sedap seperti halnya, tumbuh jamur, kotor, sering ditempati hewan peliharaan, hingga keringat dan bakteri dari tubuh Anda.

Apapun penyebabnya, tentu ada cara yang bisa dicoba untuk membuat sofa memiliki bau yang harum dan segar kembali.

Baca juga: Sofa Kulit Berbau Tak Sedap? Berikut Empat Penyebabnya

Mengutip dari situs Homenish, berikut cara menghilangkan bau tak sedap pada sejumlah jenis sofa.

Menghilangkan Bau Sofa Beludru

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada sofa beludru dengan benar, pertama-tama Anda harus membersihkannya secara menyeluruh.

Saat membersihkan jenis sofa ini, Anda hanya perlu menggunakan sikat berbulu kaku dan sikat pelapis penyedot debu untuk mengeluarkan kotoran.

Kemudian, ambil handuk katun dan celupkan perlahan ke dalam sedikit alkohol. Gosokkan ini ke seluruh sofa untuk menghilangkan noda yang tersisa.

Terakhir, taburkan sedikit baking soda di atasnya dan tunggu dalam waktu sekitar 15 menit. Soda kue sangat bagus untuk menyerap bau.

Namun, apabila sofa sangat bau, biarkan soda kue bekerja setidaknya selama 6 jam. Agar bisa lebih lama menyerap bau tak sedap pada sofa.

Setelah selesai, bersihkan lagi sofa beludru untuk menghilangkan bekas taburan soda kue.

Sekarang sofa Anda tampak seperti baru, tetapi pekerjaan Anda belum selesai. Karena tujuannya adalah agar sofa tidak hanya terlihat segar tetapi juga harum kembali.

Terkadang, soda kue cukup untuk melakukan pekerjaan itu, tetapi di lain waktu, Anda mungkin memerlukan pewangi kain.

Semprotkan sofa dengan pewangi secara perlahan dan pastikan ruangan berventilasi baik, sehingga sofa mengering dalam waktu singkat.

Menghilangkan Bau Sofa Kulit

Bau tak sedap pada sofa kulit bisa diatasi dengan menggunakan cuka putih. Karena cuka putih sangat asam, yang berarti cukup mampu membunuh bakteri penyebab bau.

Semprot sofa kulit Anda dengan cuka putih, kemudian bersihkan sisa-sisanya. Biarkan sofa menyerap cuka sepenuhnya, lalu poles permukaan sofa dengan handuk bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com