Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Debu dan Kotoran Lenyap, Ini Cara Mudah Bersihkan Sofa

Kompas.com - 29/12/2021, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.comSofa bisa menjadi salah satu perabotan ternyaman yang ada di rumah karena selain digunakan sebagai tempat duduk, sofa juga sering difungsikan sebagai tempat tidur, makan dan bermain.

Oleh karena itu, sofa banyak menyimpan noda dan kotoran yang tidak terlihat, seperti tungau, debu, bakteri dan jamur.

Agar sofa lebih tahan lama dan tetap terjaga kebersihannya, berikut Kompas.com rangkum cara mudah membersihkan sofa secara menyeluruh, dilansir dari The Spruce, Selasa (28/12/2021).

Menyedot debu pada sofa

Debu pada sofa harus disedot setiap minggu untuk meningkatkan kebersihan sofa. Untuk itu, pemilihan alat penyedot yang tepat menjadi poin penting.

Misalnya dengan memilih penyedot debu dengan filter HEPA untuk mengangkat lebih banyak debu dan alergen, seperti bulu hewan.

Selain itu, vakum semua sisi sofa dan bagian bawah sofa. Meskipun sisi bagian belakang atau bagian bawah sofa tidak pernah tersentuh manusia, tetapi hal itu tidak akan menghalangi debu untuk menempel.

Selanjutnya adalah dengan menyedot debu pada bantal dan celah-celah pada rangka sofa yang mungkin menyimpan serpihan makanan di dalamnya.

Menghilangkan noda dari sofa

Untuk menghilangkan noda cair yang masih baru pada sofa, seperti mayones atau es krim, gunakan pisau tumpul atau alat untuk mengangkat noda sebanyak mungkin.

Jangan menggosok area tersebut karena hanya akan mendorong noda masuk lebih dalam ke serat kain.

Selanjutnya, jika sofa boleh dibersihkan dengan pembersih berbahan dasar air, campurkan seperempat cangkir cairan pencuci piring ke dalam satu cangkir air hangat ke dalam mangkuk kecil.

Kemudian, gosok noda dengan spons lalu bilas larutan pembersih dengan menggunakan kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam air jernih dan biarkan sofa hingga benar-benar kering.

Membersihkan pelapis sofa

Setelah debu dan noda pada sofa telah dibersihkan, selanjutnya adalah membersihka pelapis sofa.

Untuk pembersihan umum, campur larutan pembersih yang ke dalam air hangat. Lalu, gunakan spons atau kain mikrofiber untuk menyeka setiap permukaan.

Pada proses ini, penting untuk menghindari komponen logam, seperti kancing dan kaki rangka karena bisa menyebabkan karat yang semakin sulit untuk dihilangkan.

Kemudian, bila sofa dengan air bersih dan gunakan kain kering untuk menyerap kelembapan sofa lalu keringkan sofa.

Hindari pengeringan menggunakan pemanas langsung, seperti pengering rambut. Sebaliknya, gunakan kipas yang bersirkulasi untuk mempercepat proses pengeringan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com