Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2022, 13:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membangun bandara baru di Ibu Kota Negara Baru (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Hingga saat ini, tengah dilakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis, yaitu berada di antara kawasan IKN dengan Balikpapan.

“Lokasi ini akan dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun IKN,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Selasa (22/02/2022). 

Menurutnya bandara baru ini nantinya direncanakan memiliki panjang landas pacu (runway) sepanjang 3000 meter x 45 meter, dan bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777. Pembangunan bandara baru di IKN ini pun ditargetkan rampung pada tahun 2024. 

“Melihat situasi di lapangan dan pengalaman membangun Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang ukurannya sama, itu bisa dilaksanakan. Maka kami optimis bandara baru di IKN juga bisa rampung cepat yaitu pada tahun 2024,” ujarnya.

Budi menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kaltim, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), TNI, POLRI, dan unsur terkait lainnya yang telah berkolaborasi memberikan panduan dalam penelitian penentuan titik calon bandara baru IKN.

“Titik tersebut telah sesuai dengan jaringan jalan yang direncanakan KemenPUPR dan Bappenas,” imbuhnya. 

Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan TNI AU terkait kolaborasi penggunaan bandara IKN untuk kepentingan komersial dengan kepentingan militer.

Sebelumnya, Budi juga melakukan rapat koordinasi dengan jajaran Ditjen Perhubungan Udara, Pemerintah Daerah, dan unsur terkait lainnya di Bandara Aji Muhammad Sulaiman, untuk membahas kesiapan sektor transportasi udara mendukung rencana pemindahan IKN. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com