Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas 92 Rest Area di Jalan Tol Pulau Jawa Tuntas Ditata

Kompas.com - 18/02/2022, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyediakan berbagai fasilitas guna mendukung kelancaran lalu lintas sepanjang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Untuk meningkatkan layanan bagi pengguna jalan tol khususnya di Pulau Jawa, Kementerian PUPR melakukan peningkatakan fasilitas di 92 titik Rest Area.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI terkait Evaluasi Pelaksanaan Pembatasan Mobilitas Transportasi pada Natal dan Tahun Baru 2021-2022 di Gedung DPR RI, Kamis (17/1/2022).

“Kementerian PUPR telah melakukan berbagai peningktan fasilitas di rest area antara lai menyediakan area komersil untuk UMKM, toilet bersih prasara yang ramah disabilitas, fasitlais ibadah dan penataan taman,” ujar John.

Baca juga: Selesai Ditata, Ini Sejumlah Fasilitas di Rest Area Gunung Mas Puncak

Dari 92 rest Area ini 54 di antaranya masuk tipe A, 30 masuk ke tipe B dan sisa 8 rest area lainnya masuk dalam golongan tipe C.

Rest area A memiliki fasilitas seperti toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM, mushola, SPBU, warung/kios, restoran, bengkel, klinik dan taman.

Semenntara rest area B hanya memiliki fasilitas toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM, mushola, SPBU, warung/kios, restoran, dan taman.

Tipe rest area C dilengkapi dengan fasilitas yang lebih minim yakni toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, mushola serta warung/kios.

Dari total 92 rest area, 73 diantaranya berada di ruas tol Trans Jawa. Kemudian 8 rest area di ruas tol Jabodetabek dan 11 lannya berada di ruas tol non Trans Jawa.

“Jalan tol di Pulau Jawa yang beroperasi saat berlangsunga libur natal dan tahun baru adalah 1.629 km, di mana 1.056 adalah ruas tol Trans Jawa, 299 km ruas tol Jabodetabek dan 274 km merupakan ruas tol non Trans Jawa,” papar John.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com