Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak Rugi, Simak Tips Jitu Membeli Properti

Kompas.com - 17/02/2022, 20:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur Era Indonesia Darmadi Darmawangsa membeberkan sejumlah tips membeli properti seiring pemulihan krisis akibat pandemi.

Baik itu untuk end user maupun para investor, tips ini diperlukan agar terhindar dari risiko seperti kerugian.

Lantas apa saja tips membeli properti seiring pemulihan krisis? Berikut ulasannya.

Menurut Darmadi, hal pertama yang patut diperhatikan yakni bentuk propertinya. Selain properti seken yang terkoreksi harganya, saat ini banyak orang tertarik dengan rumah tapak.

"Jadi fokus orang yang ingin investasi properti yakni antara rumah tapak dan ruko. Ini akan meledak nanti seiring perputaran ekonomi," ujarnya dalam sebuah webinar dihelat Agung Podomoro, Kamis (17/02/2022).

Baca juga: Ingat-ingat, Ini Waktu Terbaik Beli Properti

Kemudian, momen terbaik untuk membeli properti yaitu saat peluncuran dan harga perdana. Jangan sampai membeli saat harga properti sudah mahal.

Lalu, aksesibilitas properti pun patut diperhatikan. Mulai dari lokasi mudah ditemukan, mudah diakses dari pusat kota, dekat dengan akses dan sarana transportasi publik.

"Selanjutnya membeli properti pada developer yang terpercaya. Karena belum tentu semua developer punya komitmen pembangunan yang baik," tandas Darmadi.

Selanjutnya, sebisa mungkin memilih properti yang memiliki desain menarik dan berkualitas. Sehingga nyaman ditinggali maupun punya nilai jual tinggi.

"Terakhir, lokasi properti tepat dan memiliki fasilitas lengkap," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com