Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntas April, Intip Progres PLBN Napan Berbiaya Rp 106 Miliar di NTT

Kompas.com - 15/02/2022, 09:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Napan di Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah dilakukan percepatan dan ditargetkan tuntas April 2022 mendatang.

Pasalnya PLBN yang berlokasi di Kabupaten Timor Tengah ini termasuk di dalam Inpres No.1 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang Di kawasan Perbatasan.

Pembangunan PLBN ini diharapkan mampu mengurangi disparitas, meningkatkan daya saing nasional, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi wilayah setempat.

Baca juga: Dianggarkan Rp 885,28 Miliar, 4 PLBN Terpadu Sedang Dibangun di Kaltara

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan PLBN tidak hanya bertujuan untuk pos lintas batas negara, melainkan juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Sehingga kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," ujar Basuki dalam keterangan pers, Senin (14/02/2022).

Adapun proses pelaksanaan konstruksi PLBN Napan telah dilakukan sejak 30 November 2020 dengan dana APBN sebesar Rp 106,2 miliar melalui skema Multi Years Contract (MYC) tahun 2020-2022.

Tercatat progres pelaksanaan konstruksi fisik per 27 Desember 2021 lalu mencapai 73.08 persen. Sementara progres pelaksanaan konstruksi keuangan per 27 Desember 2021 sebesar 69,74 persen dan sudah mencapai 77,45 persen pada akhir Januari 2022

Ruang lingkup pekerjaannya meliputi bangunan inti, gudang sita, mess pegawai, wisma Indonesia, mini terminal, carwash, gerbang tasbara, power house, Pos Pamtas, Pos Polisi, bangunan tps, GWT, dan MEP.

Untuk mendukung infrastruktur wilayah perbatasan dan kelancaran proses pelaksanaan pembangunan, Kementerian PUPR tidak hanya membangun PLBN tetapi juga akses jalan untuk mempermudah mobilitas barang, jasa, dan manusia.

Dengan demikian, PLBN Terpadu Napan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana handal diharapkan dapat meningkatkan kualitas kawasan perbatasan di NTT yang berdaya saing serta dapat mengatasi permasalahan yang sering muncul di perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com